-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

23 April 2008

Gizi Buruk Hambat Pertumbuhan Tika

 

Liputan6.com, Temanggung: Tika, gadis berusia delapan tahun ini hanya memiliki berat badan delapan kilogram. Bahkan, bocah malang ini belum bisa bicara, berdiri, dan berjalan. Tika tak bisa tumbuh dengan normal lantaran menderita gizi buruk akibat faktor kemiskinan. Ia hanya bisa tersenyum saat dikunjungi SCTV, Kamis (17/4), di rumah orang tuanya, Desa Pongangan, Kecamatan Bulu, Temanggung, Jawa Tengah.

 

Penderitaan Tika bermula ketika berumur setahun. Saat itu ia terjatuh hingga sempat dirawat di salah satu rumah sakit terdekat. Tika kemudian dibawa pulang karena kedua orang tuanya, Marsidi dan Komariyah tidak mampu membayar biaya perawatan. Namun, keadaan Tika justru memburuk. Sebab, selama di rumah ia tidak mendapat asupan makanan bergizi sehingga menderita gizi buruk. Pertumbuhannya pun terhambat.

 

Sebagai buruh tani, Marsidi serta Komariyah belum sanggup memberi makanan yang lebih baik bagi Tika. Penghasilan pas-pasan mereka hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan makan sangat sederhana untuk seisi rumah.(RMA/Yon Daryono)

 

http://www.liputan6.com/news/?id=158114&c_id=7



Be a better friend, newshound, and know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now.