-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

22 April 2008

Jenazah TKI di Taiwan Tiba di Bandara Soetta

Senin, 21 April 2008 - 15:36 wib
TANGERANG - Jenazah Lamah (26), TKI asal Dusun Tanjung Kerta, Desa Medan Karya, Kecamatan Tirtjaya, Kabupaten Karawang, yang meninggal dunia di Taiwan beberapa waktu lalu, hari ini tiba di cargo Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

Jenaza tiba dengan menggunakan pesawat China Airlines CI 667 dari Taoyuan International Airport Taiwan sekitar pukul 13.00 WIB. Lamah yang baru bekerja selama tujuh bulan dan berprofesi sebagai pembantu rumah tangga itu meninggal dengan cara gantung diri.

Menurut Ferdinand Marcos, paman korban, berdasarkan informasi dari Agency Taiwan Fudah Manpower Cooperation, Lamah ditemukan oleh majikannya, Chu Tong Yuan, sudah dalam keadaan tergantung pada tanggal 20 Maret lalu sekira pukul 16.10 waktu Taiwan.

Kendati demikian, dia mengaku tidak percaya jika keponakannya bunuh diri. Pasalnya, informasi tersebut terkesan disembunyikan oleh pihak PT Putra Indo Sejahtera sebagai PJTKI yang memberangkatkan Lamah.

Saat itu, pihak PJTKI mengatakan bahwa Lamah tidak meninggal namun sakit. Akan tetapi, ia juga mendapatkan informasi dari Santi, yang merupakan teman korban, mengatakan Lamah sudah meninggal dunia.

"Kami baru percaya ketika ada surat kematian Lamah yang disampaikan lewat kepolisian bagian kriminal yang dikeluarkan pihak kedokteran dan kehakiman Taipe City," katanya, Senin (21/4/2008).

Surat tersebut, lanjutnya, menjelaskan Lamah meninggal karena berhentinya pernafasan secara mendadak dan dinyatakan bunuh diri dengan cara gantung diri. "Saya tidak percaya, karena Lamah merupakan pribadi yang kuat dan tabah," tandasnya.

Ayah Lamah, Ahmad mengakui hal yang sama. Menurutnya, sebelum meninggal Lamah sempat menghubunginya dan mengatakan bahwa majikannya sangat kejam. Bahkan Lamah tidak diperbolehkan untuk salat dan keluar rumah. Namun, lanjut Ahmad, anaknya tidak menceritakan bagaimana bentuk kekejaman majikannya itu. "Terakhir dia kirim uang Rp7 juta," kenangnya.

Sementara itu, jenazah Lamah akan dibawa ke RSCM untuk dilakukan otopsi kembali. Hal tersebut dilakukan untuk membuktikan apakah Lamah meninggal karena gantung diri atau tidak.
(kem)


Be a better friend, newshound, and know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now.