-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

23 April 2008

TKI NTB di Malaysia Bisa Kirim Uang Lewat ATM MEPS


Senin, 21 April 2008 | 18:41 WIB

TEMPO Interaktif, Mataram:Puluhan ribu tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Lombok di Malaysia kini dapat menggunakan fasilitas pengiriman uang melalui jaringan anjung tunai mandiri Malaysian Electronic Payment System (ATM MEPS). Fasilitas ini sebagai hasil kerja sama dengan PT Bank NTB.

ATM MEPS merupakan salah satu provider penyedia jaringan ATM yang beranggotakan 4 bank Malaysia, yakni, Malayan Banking Berhad, Hong Leong Bank Berhad, Affin Bank dan Southern Bank Berhad yang memiliki lebih dari 2000 unit mesin ATM.

Sedangkan Bank NTB sebagai Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Barat juga telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 7.000 unit mesin ATM yang masuk dalam jaringan ATM bersama.

Direktur Utama PT Bank NTB Rachiman mengatakan, jalinan kerjasama tersebut selain untuk membantu para TKI agar dapat dengan mudah mengirimkan uang kepada keluarganya, sekaligus untuk memperkokoh posisi sebagai bank lokal. "Fasilitas ATM MEPS ini disambut baik karena dianggap sebagai fasilitas yang paling mudah, cepat serta aman," kata Rachiman, Senin (21/4).

Saat ini, Bank NTB telah membuka cabang pembantu yang menyebar hampir di seluruh-kecamatan yang ada di sembilan kabupaten dan kota se pulau Lombok dan pulau Sumbawa.

Adanya system tersebut, juga memberikan kemudahan nasabah Bank NTB yang melakukan perjalanan ke negeri jiran Malaysia. Sebab dapat dengan mudah menarik uang mereka melalui ATM sesuai dengan mata uang setempat, ringgit. Sebaliknya, para TKI ataupun keluarganya menarik dalam bentuk rupiah ketika berada di Indonesia.

SUPRIYANTHO KHAFID

http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa/nusatenggara/2008/04/21/brk,20080421-121710,id.html

 



Be a better friend, newshound, and know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now.