-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

30 June 2008

Sakit, TKI Tewas di Malaysia

Radar Banyuwangi, Senin, 30 Juni 2008

BANYUWANGI - Nasib tragis yang menimpa tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri masih saja terjadi. Kali ini menimpa Asponi, 27, seorang TKI yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Malaysia.

Ibu dua anak yang bekerja sejak enam bulan lalu pulang tanpa nyawa ke rumahnya di Dusun Klontang RT/RW 01, Desa Gendoh, Kecamatan Sempu, Banyuwangi.

Menurut keterangan yang diperoleh keluarganya, almarhumah meninggal sejak 24 Juni lalu. ''Kata pihak sponsor yang memberangkatkan, dia meninggal mendadak gara-gara sakit," kata Juwari, 39, kakak kandung korban, di rumah duka kemarin petang.

Menurut Juwari, ihwal meninggalnya Asponi, pihaknya diberitahu oleh ADD Pratama Jakarta, perusahaan yang menjadi pengerah tenaga kerja Indonesia (PJTKI). Begitu mendapat kabar kematian adiknya, Juwari langsung berangkat ke Bandara Juanda Surabaya untuk menjemput mayat istri M Yasin tersebut. ''Setelah semua syarat adminsitrasi selesai, jenazah adik bisa saya bawa pulang," kata Juwari. Untungnya, semua biaya pemulangan jenazah ditanggung pihak PJTKI ADD Pratama.(azi/als)