-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

30 June 2008

Tiga WNI Dipulangkan oleh KBRI Nairobi Terkait Perdagangan Anak

27/06/08 19:24


Jakarta (ANTARA News) - Kedutaanbesar Indonesia Nairobi, Kenya, memulangkan tiga siswa sekolah menengah korban perdagangan anak-anak lintas negara di Mauritius.

"Pada Sabtu, 21 Juni 2008, ketiga siswa tersebut dipulangkan KBRI Nairobi menggunakan pesawat SQ 958 setelah berada di penampungan KBRI Nairobi sejak 4 Juni 2008," kata Jurubicara Departemen Luar Negeri Teuku Faizasyah di Jakarta pada Jumat.

Ketiga siswa itu, tambah dia, adalah siswa SMKN 03 Bulukumba, Sulawesi Selatan, yaitu Baharuddin (18 tahun), Ibnu Sutowo (18 tahun), dan Takbir (17 tahun).

"Mereka merupakan bagian dari 14 siswa jurusan nautika kapal penangkap ikan SMKN 03 Bulukumba, yang diperdagangkan dengan berkedok praktek kerja lapangan (PKL) satu tahun sebagai anak buah kapal penangkap ikan," katanya.

Menurut dia, Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Departemen Luar Negeri Indonesia berkoordinasi dengan Badan Reserse Kriminal Polri dan Departemen Sosial untuk menjemput ketiga siswa tersebut di bandar udara Soekarno-Hatta dan pemeriksaan atas dugaan tindak pidana serta pemulangannya ke daerah asal masing-masing.

Sehubungan dengan perkara perdagangan orang, yang menimpa siswa SMKN 03 Bulukumba itu, kata Faiza, delapan pelaku pengiriman telah ditahan oleh kepolisian, termasuk tiga pemimpin PT Nurfarindo Putera, sebagai pelaksana penempatan tenaga kerja swasta Indonesia, dan seorang guru SMKN 03 Bulukumba atas tuduhan pengiriman pekerja di bawah umur keluar negeri.(*)

 

http://www.antara.co.id/arc/2008/6/27/tiga-wni-dipulangkan-oleh-kbri-nairobi-terkait-perdagangan-anak/