-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

17 June 2008

Uang Kiriman TKI Sumut Rp3,1 Miliar

Uang Kiriman TKI Sumut Rp3,1 Miliar

Juni 14th, 2008

Medan (SIB)


Jumlah remitensi (uang kiriman) tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Sumatera Utara hingga April 2008 tercatat mencapai Rp 3,1 miliar.


"Jumlah itu masih yang tercatat, belum diluar yang langsung dibawa atau dikirimkan TKI melalui kerabatnya yang dinilai juga cukup besar," kata Kepala Seksi Perlindungan Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Sumut, Sumadi, di Medan, Jumat.


Dia mengatakan, dibandingkan rata-rata pengiriman per bulan pada 2007, jumlah remitensi TKI rata-rata per bulan tahun ini (hingga April) mengalami penurunan meski sedikit.
Rata-rata remitensi 2007, katanya, sekitar Rp0,8 miliar per bulan, sedangkan pada tahun ini hanya Rp 0,775 miliar.


Penurunan pengiriman TKI itu antara lain karena semakin banyaknya tenaga kerja dari Jawa yang mengisi lowongan untuk sektor Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT), sehingga pekerja dari Sumut tersaingi dan ketidakmengertian calon TKI atas outsourching dan biaya penempatan yang tinggi.


"Dari 6.207 lowongan pekerjaan di Malaysia yang terpantau oleh BP3TKI, Sumut hanya bisa merealisasikan pengiriman TKI sebanyak 5.243 orang, dimana hampir 80 persen bekerja pada sektor formal dan sisanya mengisi PLRT," katanya.


Tahun lalu jumlah tenaga kerja asal Sumut yang dikirim ke Malaysia mencapai 15.550 orang dengan rincian sekitar 11.000 orang bekerja di sektor formal dan sisanya bekerja di sektor informal.


Pengamat ketenagakerjaan Sumut, Thoga M Sitorus, mengatakan, semakin sedikitnya tenaga kerja asal Sumut di Malaysia karena Malaysia dewasa ini lebih membutuhkan tenaga kerja profesional, bukan mementingkan upah murah seperti selama ini.
"Sumut harus meningkatkan kualitas TKI-nya sehingga masih bisa meningkatkan pengiriman ke Malaysia dan negara lain," katanya. (Ant/y)

 

http://hariansib.com/2008/06/14/uang-kiriman-tki-sumut-rp31-miliar/