-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

31 July 2008

11 Pasar Tradisional Terancam Bangkrut

 


Tangerang – Dari total 22 pasar tradisional di Kabupaten Tangerang, sebanyak 11 di antaranya kini terancam bangkrut karena ditinggalkan pedagang. Sebelas pasar tradisional itu adalah Pasar Kronjo, Kampung Melayu, Ciputat Permai, Kelapa Dua, Cisoka, Bintaro, Balaraja, Cituis, Kutabumi, Ciputat dan Korelat.

Direktur Operasional (Dir Ops) PD Pasar Niaga Kerta Raharja Kabupaten Tangerang, Ahmad Djabir, Rabu (23/7) siang menyatakan, hampir 80 persen lapak dan kios yang ada di 11 pasar dimaksud kini sudah kosong akibat ditinggal pedagang. Dua faktor utama yang memicu pedagang meninggalkan kiosnya adalah sepinya pembeli dan keamanan yang tidak stabil.

"Pasar Kutabumi yang awalnya berisi 460 pedagang, kini hanya tinggal separuhnya. Sedangkan Pasar Ciputat yang awalnya berisi 1.500 pedagang, kini hanya tinggal 800 pedagang," katanya.

Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Niaga Kerta Raharja Kabupaten Tangerang, Dedi Supriadi menyatakan, selain kehadiran pasar modern dan ritel besar, seperti minimarket dan supermarket, menjamurnya keberadaan pasar kaget di wilayah-wilayah tertentu, juga menjadi faktor kian terpuruknya kondisi pasar tradisional saat ini.

"Salah satu cara untuk mengembalikan pamor pasar tradisional adalah dengan melakukan pembenahan pada wajah pasar tradisional, mulai dari perbaikan sistem kebersihan hingga keamanan," tambahnya. (lht)