-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

29 July 2008

Lagi, TKI Asal Grobogan Tewas

Radar Semarang, Senin, 28 Juli 2008

GROBOGAN--Lagi, tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Grobogan meninggal dunia di manca negara. Sutiyem, 46, seorang TKI asal Dusun Kayen Desa Sumberagung Kecamatan Godong dikabarkan meninggal pada 20 Juli lalu di Arab Saudi. Namun, kabar kematian itu baru diterima keluarganya Jumat (25/7) lalu.

Maryono, salah seorang anak korban menuturkan, dirinya bersama keluarga mengetahui jika ibunya meninggal setelah menerima telepon dari PJTKI di Jakarta Timur yang memberangkatkan Sutiyem ke Arab Saudi. Sehari kemudian, salah seorang staf PJTKI tersebut, Rusman, datang ke rumahnya sekaligus mengurus surat-surat untuk pemulangan jenazah.

"Usai mengurus surat-surat penting tersebut, staf PJTKI langsung pulang ke Jakarta dan berjanji akan segera mengurus jenazah ibu saya untuk dibawa pulang ke kampung halaman. Saya sendiri berharap agar proses pemulangan berjalan cepat dan lancar,"? kata Maryono sedih.

Sesuai keterangan staf PJTKI itu, lanjutnya, orang tuanya meninggal disebabkan terjadi kecelakaan lalu lintas saat diajak majikannya berwisata. Di tengah perjalanan, mobil yang ditumpangi mengalami kecelakaan. Dikabarkan, selain Sutiyem, majikan pria juga ikut meninggal dalam kecelakaan tersebut. Sementara majikan perempuan mengalami luka parah.

Siswoyo, suami Sutiyem menambahkan, istrinya berangkat kerja di Arab Saudi pada Februari 2006 lalu. Sebelum itu, istrinya sudah berkerja sebagai TKI di Kuwait dan Arab Saudi. Sehingga sudah tiga periode ini istrinya bekerja sebagai TKI.

"Sebenarnya kontrak di Arab Saudi ini akan selesai beberapa bulan lagi. Namun, keburu meninggal sebelum pulang ke pampung halaman," imbuh Siswoyo dengan nada sedih. (f-1/jpnn/aro)