-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

29 July 2008

TKW Asal Banten Tewas di Malaysia

Pos Kota, Minggu 27 Juli 2008

SERANG -- Cerita mengenaskan soal nasib TKI yang berkerja di luar negeri sepertinya tak pernah berhenti.

Peristiwa kali ini menimpa Yamsurah, 40, Tenaga Kerja Wanita (TKW) Indonesia asal Komplek Cikande Grya Asri, Kecamatan Cikande, Serang, Banten.

Wanita yang diketahui sudah bekerja selama 1 tahun ini dilaporkan tewas di rumah sakit di Malaysia.

Meski Yamsurah dikabarkan meninggal namun pihak keluarga korban belum mengetahui penyebab tewasnya wanita yang berkerja sebagai pembantu rumah tangga.

Kapolsek Cikande, AKP Yoga Putra Prima, ketika ditemui di kantornya, Minggu (27/7), membenarkan seorang warganya yang bekerja sebagai TKW tewas.

Namun Yoga mengaku belum mengetahui secara pasti penyebab tewasnya korban. Kabar tewasnya Yamsurah, kata Yoga, setelah dirinya dihubungi Legal Officer (LO) Malaysia yang melaporkan korban tewas di rumah sakit namun tidak memberitahu penyebabnya.

“Pihak LO Malaysia hanya meminta Polsek Cikande untuk mengecek alamat korban. Kami lalu mengecek alamat yang disebutkan di Grya Cikande Asri.

Ternyata itu alamat anak korban. Lalu kami juga menyampaikan kepada anak korban kalau ibunya tewas di Malaysia,†katanya.

Yoga menjelaskan, pihaknya sama sekali belum mengetahui siapa penyalur tenaga kerja yang mengirimkan korban bekerja di Malaysia.

Bahkan, pihak keluarga juga mengaku tidak mengetahui korban berangkat menggunakan jasa penyalur tenaga kerja yang mana.
(haryono/rf/r)