-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

31 July 2008

Ratusan Rumah di Rawa Buaya Musnah Terbakar

Selasa, 29 Juli 2008 19:38 WIB
Penulis : Intan Juita
JAKARTA--MI: Lebih dari 500 bangunan di Kampung Bojong RT 12 dan RT 16 RW 04, Rawa Buaya, Jakarta Barat, Selasa (29/7) hangus terbakar.

Lurah Rawa Buaya Ian Sopian Hadi menyebutkan total rumah yang terbakar dalam peristiwa tersebut mencapai 130 rumah. Akibatnya 150 Kepala Keluarga atau sekitar 700 jiwa harus kehilangan tempat tinggal.

Sementara itu Ketua RT 16 Darmadi menyebutkan di kawasannya terdapat ratusan bangunan, termasuk rumah petak maupun kamar kontrakan. "Bangunan yang terbakar bisa mencapai 500 unit," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, kebakaran disebabkan hubungan arus pendek di rumah seorang warga di RT 16 bernama Ali Suratno,60. Namun beberapa warga menduga api berasal dari sistem pengeras suara musik dangdut yang hampir setiap malam bermain di kawasan itu.

Pada peristiwa tersebut petugas pemadam kebakaran Suku Dinas Kebakaran Jakarta Barat yang datang ke lokasi sempat mengalami kesulitan memadamkan kobaran api. Pasalnya sebagian besar bangunan terbuat dari triplek yang membuat jilatan api mudah merembet ke bangunan lain dan semakin lama membesar. Hal tersebut diperparah dengan sempitnya jalan masuk ke lokasi kejadian. Sebanyak 20 unit kendaraan pemadam kebakaran terpaksa diparkir di depan gang karena tidak bisa memasuki lokasi. (Jui/OL-06)