-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

01 August 2008

Ratusan Lapak Kaki Lima Diangkut Petugas

01/08/2008 05:27 Penertiban

Liputan6.com, Jakarta:
Ratusan petugas satuan polisi pamong praja dibantu polisi, Kamis (31/7), mengangkut gerobak milik para pedagang dan lapak kaki lima di trotoar Jalan Kiai Haji Mas Mansyur, Tambora, Jakarta Barat. Kedatangan mendadak para petugas membuat pedagang tak dapat berbuat banyak dan hanya bisa pasrah gerobak serta lapaknya diangkut petugas.

Dalam operasi selama tiga jam itu, petugas mengangkut ratusan gerobak dan lapak kaki lima yang selanjutnya dibawa ke kantor Kecamatan Tambora untuk dimusnahkan. Penggusuran ini dilakukan karena ratusan lapak pedagang kerap menyebabkan kemacetan, sekaligus untuk mengembalikan fungsi trotoar bagi pejalan kaki.

Sementara itu, puluhan pedagang kaki lima kemarin berunjuk rasa ke Kantor Balaikota Semarang, Jawa Tengah. Mereka memprotes tindakan Pemerintah Kota Semarang yang menggusur lokasi dagang mereka di Jalan Gajahmada.

Menurut para pedagang, alasan penggusuran karena lokasi tersebut bakal dijadikan taman tidak tepat. Sebab, menghilangkan mata pencaharian mereka. Selain itu, para pedagang juga menilai proses tender pembangunan taman penuh manipulasi. Setelah diterima pejabat Pemkot Semarang, para pedagang akhirnya membubarkan diri. Apalagi, Pemkot berjanji menampung aspirasi mereka.(BOG/Tim Liputan 6 SCTV)