-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

29 August 2008

Warga Taman BMW Terlantar

25/08/2008 07:01 Penggusuran
Warga Taman BMW Terlantar


Liputan6.com, Jakarta: Meski tempat tinggal mereka sudah rata dengan tanah, hingga Ahad (24/8) malam, warga Taman BMW, Papanggo, Tanjungpriok, Jakarta Utara, masih bertahan di sekitar lokasi penggusuran. Puluhan penghuni yang kebanyakan sebagai pemulung mengaku belum menemukan tempat tinggal baru.

Sebagian warga masih berusaha mengumpulkan harta benda yang masih bisa dipergunakan karena tak sempat diselamatkan dari penggusuran. Aktivitas warga memindahkan harta bendanya ke rumah sanak saudara juga terlihat ramai di lokasi penggusuran.

Ribuan satuan polisi pamong praja yang bertugas menggusur mereka juga telah meninggalkan lokasi penggusuran. Namun, sebagian petugas masih dipertahankan di lokasi untuk mengantisipasi warga kembali menghuni. Sementara Alat-alat berat yang digunakan untuk merubuhkan rumah warga juga sudah ditarik dari lokasi.

Rencana pembangunan Taman BMW seluas 26 hektare sebenarnya akan direalisasikan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah 2009. Namun, anggaran untuk pengosongan lahan yang dihuni lebih dari 1.000 kepala keluarga ini sudah dimasukkan dalam APBD 2008 [baca: Penggusuran Taman BMW Papanggo Berakhir bentrok].

Selain Taman BMW, dalam tahun ini juga sudah ditertibkan lokasi pedagang kembang di Jalan Barito atau Taman Ayodia, Jakarta Selatan. Namun, hingga kini belum juga dibangun karena masih dalam proses tender pembangunan.(BOG/Satya Pandia)
http://www.liputan6.com/news/?id=164205&c_id=6