-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

15 September 2008

Banyak TKI Malaysia Mudik via Batam

11/09/08 Kuala Lumpur (ANTARA News) - Sebagian Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia mudik Lebaran memilih melalui Batam, Kepulauan Riau, menyusul tingginya tiket pesawat terbang Kuala Lumpur-Jakarta belakangan ini.


Pemilik perusahaan jasa perjalanan Maghfur Machrodji di Kuala Lumpur, Kamis, menyebutkan, tingginya harga tiket pesawat langsung Kuala Lumpur-Jakarta membuat sebagian TKI memilih mudik Lebaran tahun ini dengan kapal laut atau pun pesawat melalui Batam.

Dari Malaysia mereka masuk melalui Batam, kemudian transit atau meneruskan perjalanan tetap dengan kapal laut atau pesawat terbang ke Surabaya atau Mataram.

Jalur mudik para TKI selama ini adalah Kuala Lumpur - Surabaya - Mataram.

Merpati melayani rute itu dengan harga tiket sekitar 800 ringgit (Rp2,3 juta) untuk penerbabangan ke Surabaya, sedangkan apabila melalui Batam TKI hanya mengeluarkan 200 ringgit. Dari Batang melanjutkan perjalanan ke Surabaya dengan pesawat hanya 300 ringgit dan dengan kapal laut 200 ringgit.

Jadi apabila melalui Batam TKI cukup mengeluarkan 400 ringgit sampai Surabaya dengan kapal laut atau 500 ringgit dengan pesawat, kata Maghfur.

Permintaan jasa angkutan penerbangan Kuala Lumpur-Jakarta atau Surabaya pada mudik Lebaran tahun ini diperkirakan turun. Merpati yang melayani rute Kuala Lumpur - Surabaya - Mataram belum seluruh tiketnya terjual.

Menurut Maghfur, banyaknya TKI yang menjadikan Batam dan Tanjung Pinang sebagai transit, juga sudah direspon oleh maskapai domestik dengan menambah penerbangan dari dua kota itu.
(*)