-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

25 September 2008

Korban Gusuran Taman BMW Geruduk Balaikota Jakarta

Kamis, 25/09/2008 11:43 WIB
Korban Gusuran Taman BMW Geruduk Balaikota Jakarta
Novia Chandra Dewi - detikNews

Foto: Novia/detikcom
Jakarta - 200 Warga korban penggusuran Taman Bersih, Manusiawi, Berwibawa (BMW) di Jakarta Utara berunjuk rasa di depan Balaikota DKI Jakarta. Mereka menuntut Pemprov DKI mengganti kerugian akibat penggusuran.

Para pengunjuk rasa yang kebanyakan ibu-ibu dan anak-anak ini datang pukul 10.00 WIB dengan menggunakan 4 Metro Mini. Mereka juga meminta pemerintah memenuhi kebutuhan para korban gusuran seperti air bersih, penerangan dan tenda.

Aksi mereka didampingi beberapa LSM seperti Mantap (Masyarakat Tuntut Hak Atas Perumahan), Jaringan Relawan Kemanusiaan, WALHI, Urban Poor Consorsium dan Kontras.

"Kami bukan binatang, kami minta dihargai dan hak kita harus dipenuhi," Jafar dari UPC dalam orasinya di Depan Balaikota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (25/9/2008).

Warga juga tampak mebawa aneka poster bernada protes. Antara lain berisi 'Stop Penggusuran' dan 'DKI Jakarta Tidak Harus Menggusur Pemukiman Warga'.

Namun niat mereka untuk bertemu Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo tidak kesampaian, lantaran Bang Fauzi tidak berada di kantornya. Rencananya mereka juga akan mendatangi Komnas HAM.

Aksi unjuk rasa ini membuat arus lalu lintas di Jl Medan Merdeka Selatan arah Thamrin sedikit tersendat.

Penggusuran Taman BMW dilakukan awal Agustus lalu. Nantinya lahan gusuran akan disulap menjadi stadion internasional.http://www.detiknews.com/read/2008/09/25/114303/1012284/10/korban-gusuran-taman-bmw-geruduk-balaikota-jakarta