-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

21 November 2008

BII Tangani Pengiriman Uang TKI Malaysia

detikcom, 20/11/2008

Indro Bagus SU

Jakarta, Maybank telah menunjuk Bank Internasional Indonesia (BII) untuk menangani transaksi pengiriman uang (/remittance/) tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia ke Indonesia. Kontribusi terhadap /fee based income/ mencapai jutaan dolar. Maybank merupakan pemegang saham mayoritas di BII.

"Remittance ke Indonesia melalui Maybank akan ditangani oleh BII," ujar Wakil Presiden Direktur BII, Sukatmo Padmosukarso usai paparan di Intercontinnental, Jl Jend Sudirman, Jakarta, Kamis (20/11/2008).

Sukatmo menjelaskan tadinya /remittance/ ke Indonesia yang dilakukan melalui Maybank masuk ke Indonesia langsung ke bank-bank yang memiliki fasilitas remittance di Indonesia.

"Dengan penunjukan ini, remittance dari Maybank masuk ke BII terlebih dahulu, baru kemudian disebar ke bank-bank lain," ujar Sukatmo.

Transaksi pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia melalui Maybank, yang notabene kebanyakan berasal dari TKI-TKI yang berada di sana, mencapai 40 ribu transaksi per harinya.

"Nilai pastinya kami belum tahu, tapi mencapai miliaran dolar per tahunnya. Kontribusi ke fee based income BII bisa jutaan dolar setahun," jelas Sukatmo.

Saat ini BII sudah memulai secara bertahap penanganan remittance dari Malaysia. Namun masih dalam persiapan infrastruktur.

"Kita sudah mulai, tapi masih dalam persiapan infrastruktur jaringan dan sebagainya. Mungkin fasilitas ini beroperasi secara penuh sekitar tahun depan. Tidak ada investasi yang signifikan untuk ini. Hanya persiapan jaringan saja, tidak banyak," ujar Sukatmo.