-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

23 December 2008

Korban Bongkaran Ditawarkan Pindah ke JaCC

Korban Bongkaran Ditawarkan Pindah ke JaCC
Senin, 22 Desember 2008 | 17:34 WIB
JAKARTA, SENIN — Aparat gabungan dari tramtib, polisi, dan TNI membongkar puluhan bangunan liar di Jalan Jati Baru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (22/12). Para pedagang yang terkena pembongkaran diberi tawaran dengan sejumlah kemudahan untuk menyewa kios-kios di Jakarta City Center (JaCC).

Pembongkaran itu dipimpin langsung Wali Kota Jakarta Pusat, Sylviana Murni. Selain untuk menata kawasan, pembongkaran itu, kata Sylviana, juga untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH). "Lokasi ini akan dikembalikan fungsinya sebagai ruang terbuka hijau," kata Sylviana Murni.

Bangunan semipermanen yang dibongkar itu semula merupakan lokasi binaan untuk para pedagang kaki lima. Namun, sejak tahun 2006 lokasi binaan itu tidak diperpanjang izinnya.

Pemerintah Kota Jakarta Pusat menawarkan lokasi pengganti yaitu di Jakarta City Center (JaCC) Tanah Abang kepada para pedagang. Jika tertarik, mereka akan diberi sejumlah kemudahan, antara lain, berupa pembebasan biaya sewa selama dua tahun, dan hanya dibebani biaya administrasi dan listrik sesuai dengan kebutuhan masing-masing.