-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

21 January 2009

Warga Korban Bentrokan dengan Satpol PP Lapor ke Komnas HAM Sumbar

Selasa, 13 Januari 2009 22:13 WIB

Penulis : Ade Irwansyah
PADANG--MI: Sepuluh warga Jalan Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang melapor ke Komisi Nasional (Komnas) Hak Azasi Manusia (HAM) Sumatra Barat (Sumbar), Selasa (13/1).

Pelaporan itu terkait bentrokan warga dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang saat penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Ujung Gurun, Senin (12/1). Warga yang melapor tersebut antara lain Derian, 37, yang menjadi korban pemukulan petugas Satpol PP Kota Padang. Pelaporan warga itu diterima Wakil Ketua Komnas HAM Sumbar Lusi Herlina.

Komnas HAM Sumbar berjanji akan menindaklanjuti pelaporan dugaan tindak kekerasan petugas Satpol PP Kota Padang itu.

"Komnas HAM Sumbar akan memproses pelaporan tersebut setelah warga memasukkan pengaduan resmi secara tertulis," kata Wakil Ketua Komnas HAM Sumbar Lusi Herlina.

Menurutnya, setelah adanya laporan secara resmi, Komnas HAM Sumbar akan mempelajari kronologis peristiwa untuk menyimpulkan dan merekomendasikan ada atau tidaknya tindak kekerasan dan pelanggaran HAM.

Sebelumnya, puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang bentrok dengan sejumlah pemuda saat penertiban PKL di Jalan Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Senin (12/1).

Para pemuda tersebut tidak menerima tindakan petugas penegak Perda Kota Padang yang akan membongkar kedai kopi yang berada di di depan SD Percontohan di kawasan itu. Mereka beralasan kedai kopi yang juga menjadi pos pemuda tersebut tidak memakan trotoar dan mengganggu fasilitas umum namun berada di atas selokan. Hanya saja alasan belasan pemuda itu tidak diterima petugas Satpol PP kota Padang. Petugas tetap membongkar kedai itu.

Saat pembongkaran berlangsung, seorang pemuda tiba-tiba melempar batu ke arah petugas. Anggota Satpol PP yang terpancing emosi kemudian mengejar pemuda itu dan terjadi baku pukul. Perkelahian tidak seimbang tersebut kemudian dilerai oleh personil Satpol PP lainnya. Hanya saja, akibat perkelahian itu dua pemuda setempat, Derian, 37 dan Seno, 17, terluka terkena pukulan petugas.

Akibat bentrokan itu, Satpol PP Kota Padang tidak melanjutkan penertiban PKL di kawasan tersebut. (AA/OL-02)

Link: http://mediaindonesia.com/index.php?ar_id=NTU4NTM=