-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

31 July 2009

Investor Tidak Hadir dalam Pertemuan dengan Warga

http://koran.kompas.com/read/xml/2009/07/31/04073026/investor.tidak.hadir.dalam.pertemuan.dengan.warga


Investor Tidak Hadir dalam Pertemuan dengan Warga

Jumat, 31 Juli 2009 | 04:07 WIB

Medan, Kompas - Investor yang meratakan tanah sengketa di Desa Durin Tonggal, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli, untuk perumahan, yaitu PT Anugerah Multi Sumatera, tidak hadir dalam pertemuan dengan warga penggarap lahan, Kamis (30/7). Pertemuan hanya dihadiri Kepala Desa Durin Tonggal, Kepala Polsek Pancur Batu, dan puluhan ibu anggota Kelompok Tani Arih Ersada Aron Bolon yang merasa memiliki tanah yang diratakan itu.

Kepala Polsek Pancur Batu Ajun Komisaris Ahmad Fauzi Karosekali mengatakan, pihaknya tidak punya kewenangan untuk memaksa perusahaan hadir dalam pertemuan itu.

Pihaknya hanya bertanggung jawab pada keamanan lingkungan dan meminta para ibu tidak menghalangi pekerjaan perataan tanah karena justru akan merugikan para ibu sendiri.

Sebelumnya, puluhan ibu sempat kembali menduduki tanah yang tengah diratakan mesin-mesin berat dan meminta pekerja menghentikan pekerjaan. Namun, tindakan para ibu dihalau oleh para petugas dari Brimob.

Eni Tarigan, Bendahara Kelompok Tani Arih Ersada Aron Bolon, meyakini sertifikat yang ada itu diduga palsu, mengingat tidak ada penggarap lahan yang merasa sudah menyertifikatkan lahannya atau menandatangani penyertifikatan tetangga pemilik lahan. (WSI)