-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

30 July 2009

Parkir Liar di Jalur Busway Segera Ditertibkan

http://www..beritakota.co.id/berita/kota/11072-parkir-liar-di-jalur-busway-segera-ditertibkan.html


Parkir Liar di Jalur Busway Segera Ditertibkan
Kamis, 30 Juli 2009 00:59
JAKARTA, BK
Hampir sebagian besar ruas jalan yang bersentuhan dengan jalur busway macet. Mengingat salah satu pemicu kemacetan adalah parkir yang tersebar beberapa badan jalan, mau tak mau harus ditertibkan agar kemacetan tak semakin menjadi-jadi.

"Saya sudah dapat perintah dari Wakil Gubernur DKI Prijanto untuk menertibkan parkir di sepanjang jalur busway.. Perintah tersebut dalam waktu dekat akan saya laksanakan," kata Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Perparkiran Bunyamin Bukit.

Lebih jauh dikatakan, sebagian besar ruas jalan di DKI Jakarta, khususnya yang sebagian kecil dari ruasnya telah terpenggal untuk membuatan lajur busway, mengalami kemacetan. Mengingat jalan adalah urat nadi transportasi, sumber permasalahan pun dicari.

"Setelah melakukan pengkajian dan pengamatan lapangan, akhirnya disimpulkan parkir sebagai salah satu dari beberapa sumber permasalahan kemacetan," ungkapnya.

Untuk menertibkan tempat parkir di badan jalan, Bunyamin berkoordinasi dengan instansi terkait, setelah itu bersurat kepada pemilik toko, kios, pusat perbelanjaan, dan rumah makan agar tak lagi memarkir kendaraannya atau kendaraan tamu di badan jalan.

Mengingat kawasan terparah membentang mulai dari simpang Pramuka, Jakarta Pusat sampai depan Hailai, Jakarta Utara, kawasan tersebutlah yang pertama kali disasar. "Pelaksanaan razia belum ditentukan, tapi dalam waktu tak lama lagi kita akan bergerak menertibkan parkir di badan jalan itu" kata Bunyamin.

Jl Kramat, menurut Bunyamin, juga termasuk sebagai salah satu titik sasaran digelar dalam waktu dekat ini mengingat di badan jalan tersebut dipenuhi parkir liar. Utamanya karena pemilik toko, kios, atau pusat perbelanjaan tak memiliki lahan parkir.

"Plasa Kenari Mas Jl Kramat memang punya lahan parkir. Mengingat di depan gedung itu masih ada parkir di badan jalan, itu juga akan kita tertibkan," terangnya.

Pihak Plasa Kenari Mas juga akan diminta untuk memaksimalkan lahan parkirnya. "Kalau untuk menegur pengelola karena telah menyulap lahan parkir menjadi lapangan futsal saya tak punya kewenangan. Saya hanya bisa meminta kepada pengelola memaksimalkan lahan parkirnya agar tak ada lagi parkir liar di badan jalan," jelas Bunyamin. O amh