-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

31 August 2009

Pemkot Depok Siap Berantas Kampung Pengemis

http://news.okezone.com/read/2009/08/29/1/252534/pemkot-depok-siap-berantas-kampung-pengemis

Pemkot Depok Siap Berantas Kampung Pengemis

Sabtu, 29 Agustus 2009 - 17:04 wib
Marieska Harya Virdhani - Okezone
Ilustrasi pengemis (ist)

DEPOK - Pemerintah Kota Depok mengaku kewalahan menghadapi jumlah anak jalanan yang meningkat pada Ramadan ini. Hal ini diperparah dengan adanya kampung pengemis yang ada di Kampung Lio, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat.

Hampir seluruh kepala keluarganya di desa ini, diduga terlibat dengan sindikat perdagangan anak.

Kepala Dinas Satpol PP Kota Depok, Sariyo Sabani mengatakan, Pemerintah Kota akan menggelar operasi yustisi di kampung pengemis tersebut untuk menjaring anak jalanan dan pengemis yang bukan penduduk asli Depok dan dikembalikan ke daerah asal.

"Tanggal 1 September kita akan atur jadwalnya dan kita akan sisir Kampung Lio dan akan diberlakukan sidang tipiring, kurungan 3 bulan penjara, dan denda Rp 1,5 juta," tegasnya, Sabtu (29/8/2009).

Sariyo menambahkan, perlu adanya koordinasi dengan sejumlah kabupaten dan kota terkait pemulangan anak jalanan dan pengemis ini. "Ini karena banyak pula anak jalanan yang bukan warga Depok, ada yang dari Indramayu, jadi harus kita pulangkan ke sana," katanya.

Tanah di Kampung Lio, kata Sariyo, banyak disewakan kepada para anjal dan gepeng dengan menyewakan setiap bulan. "Jadi cuma tanah aja disediakan, mereka sewa dirikan bedeng-bedeng sendiri, itu bangunan liar, dan harus kita berantas," katanya.

Jumlah anak jalanan di Depok kini mencapai 200 orang lebih, dan diprediksi akan terus meningkat ditambah dengan akses jalur KRL Jabodetabek untuk eksodus anak jalanan ke Depok.  (ded)(ahm)