-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

31 August 2009

Warung Buka Siang Dirazia

http://www.beritakota.co.id/berita/bodetabek/13655-warung-buka-siang-dirazia.html

Warung Buka Siang Dirazia
Senin, 31 Agustus 2009 04:49
LEBAK, BK
Aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lebak merazia warung makan di kota Rangkasbitung dan Terminal Mandala, Cibadak, yang buka siang hari saat masyarakat menunaikan ibadah puasa, Minggu (30/8). Dalam razia ini aparat menutup sejumlah warung dan menyita peralatan memasak serta nasi berikut lauk-pauknya.

Menurut Kepala Satpol PP Kabupaten Lebak Yayat Priatna Jaya, kemarin, razia semacam ini akan terus dilakukan selama bulan suci Ramadhan hingga tidak ada lagi warung makan yang buka pada siang hari saat umat muslim menunaikan ibadah puasa. Langkah itu diambil, kata dia, karena sebelum tiba bulan suci Ramadhan pihaknya telah memberi surat peringatan.

"Dalam surat peringatan itu pedagang atau pemilik rumah makan diminta tidak buka pada siang hari selama bulan puasa. Namun, ternyata banyak pedagang yang membandel," kata Yayat.

Banyaknya pemilik rumah makan yang membandel dengan nekat membuka tempat usaha pada siang hari, kata Yayat, membuat pihaknya harus segera mengambil tindakan tegas atau sanksi kepada pemilik rumah makan. Untuk itu, pihaknya terpaksa menutup warung dan menyita peralatan memasak dan seluruh makanan yang dijual, berupa nasi berikut lauk-pauknya.

Dalam razia kemarin, aparat Satpol PP mengitari hampir seluruh wilayah dalam kota Rangkasbitung dan Cibadak. Seluruh rumah makan di kedua kota didatangi, termasuk rumah makan yang berada tepat di belakang Kantor Setda Lebak.

Selain Rangkasbitung dan Cibadak, sambug Yayat, pihaknya juga akan terus memantau wilayah di selatan Kabupaten Lebak, seperti Malingping, Bayah, Cilograng, Wanasalam dan sekitarnya.
"Mudah-mudahan melalui kegiatan penertiban ini para pengusaha atau para pemilik warung makan bisa lebih memahami arti toleransi dan menghormati umat muslim yang menunaikan ibadah puasa," tukasnya. O sep