-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

29 September 2009

11,05% Masyarakat Sumut Hidup di Bawah Garis Kemiskinan

http://hariansib.com/?p=94108

11,05% Masyarakat Sumut Hidup di Bawah Garis Kemiskinan

Posted in Medan Kita by Redaksi on September 29th, 2009

Medan (SIB)
Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Bapemas Pemdes) memperkirakan, dari sekitar 13 juta masyarakat Sumut, 11,05% atau sekitar 1.436.500 warga di antaranya berada di bawah garis kemiskinan. Bapemas bertekad untuk tahun depan akan dapat ditekan hingga 70%.
"Maaf, saya tidak ingin bermaksud takabur dan muluk-muluk. Tekad kami itu adalah proyeksi Bapemas. Dengan pelaksanaan berbagai program yang tepat, saya yakin Bapemas bisa mewujudkan visi-misi Gubsu H Syamsul Arifin SE, terutama dengan rakyat tidak miskin dan memiliki masa depan, dalam mengurangi jumlah penduduk miskin di Sumut," ujar Kepala Bapemas Pemdes, H Rusli Abdulah, saat memberikan kata sambutan dalam open house menyambut Hari Raya Idul Fitri 1430 Hijriah di Kantor Bapemas Jalan Jati Medan, Senin (28/9).
Rusli memaparkan sejumlah program untuk peningkatan kesejahteraan warga miskin tersebut, khususnya dengan jalan menggerakkan ekonomi riil berupa program kredit bergulir, program desa binaan, penguatan ketahanan ekonomi rumahtangga.
Agar program bisa berjalan baik, Rusli menyebutkan tidak ingin melupakan proses konsolidasi internal Bapemas Pemdes. Tujuannya agar seluruh tenaga produktif lembaga itu bisa solid saat menjalankan program di tahun 2010.
"Saya juga akan mengsolidasikan para kepala Bapemas Pemdes sebelumnya, agar kami bisa memeroleh input dan menentukan langkah apa yang bisa dijalankan dalam mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat agar tidak lapar, tidak bodoh, tidak sakit, dan memiliki masa depan," tegas Rusli Abdullah. (M3/i)