-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

29 September 2009

Pascalebaran, Gepeng Banjiri Kota Bandung

http://www.republika.co.id/berita/78385/Pascalebaran_Gepeng_Banjiri_Kota_Bandung

Pascalebaran, Gepeng Banjiri Kota Bandung

By Republika Newsroom
Senin, 28 September 2009 pukul 16:13:00

BANDUNG--Pascalebaran tahun ini, Kota Bandung dan sekitarnya harus kembali terbebani penambahan jumlah ribuan gelandangan dan pengamen (gepeng). Kali ini, gepeng yang kebanyakan berasal dari daerah Pantura itu masih berusia produktif.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung, Ferdi Ligaswara, menjelaskan, ribuan gepeng tersebut kebanyakan berasal dari Indramayu, Pekalongan, Tegal dan Brebes. Kedatangan mereka ke Kota Bandung, sambung dia, terjadi sejak pertengahan Bulan Ramadhan.

Ferdi menjelaskan, dari awal, gepeng yang tiba di Kota Bandung tersebut memang berniat akan mencari uang di jalanan. Mereka, jelas dia, kebanyakan berasal dari kelompok masyarakat yang bermental pemalas.

Dia menyatakan, Kota Bandung sebagai pusat kegiatan ekonomi di Jabar, dianggap sebagai ladang mata pencaharian. Ferdi menjelaskan, mereka tidak sadar bila kehadiran gepeng di Kota Bandung akan menambah persoalan sosial.

Hasil pemeriksaannya ke sejumlah lokasi beroperasinya gepeng, sambung Ferdi, gepeng yang baru datang itu tergiur oleh ajakan temannya yang lebih dulu menjadi gepeng. Dia mengaku kesulitan melarang kedatangan gepeng tersebut.

Mengingat, jelas Ferdi, mereka tiba di Kota Bandung seperti layaknya warga lain yang akan mencari kerja. Untuk itu, pihaknya menggelar operasi yustisi agar gepeng pendatang itu bias teridentifikasi. Kalau memang dari awal ketahuan akan menjadi gepeng, pihaknya tentu akan mengembalikannya.

Pihaknya mengaku prihatin terhadap gepeng yang mayoritas berusia produktif. Selain itu, papar dia, secara fisik, mereka masih memungkinkan untuk menjadi pekerja biasa, selain menjadi gepeng.

''Kami minta jangan datang ke Bandung kalau hanya akan menjadi gepeng,'' ujar Ferdi kepada wartawan, Senin (28/9). Pihaknya menyatakan, dari sekian daerah di Jabar, Kota Bandung yang kerap menjadi incaran gepeng. san/ahi