-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

17 September 2009

2 Manusia Gerobak Dijaring Petugas

http://www.beritakota.co.id/berita/kota/14682-2-manusia-gerobak-dijaring-petugas.html

2 Manusia Gerobak Dijaring Petugas
Sabtu, 12 September 2009 01:48
JAKARTA, BK
Selain penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), seperti pengemis dan gelandangan (gepeng), petugas juga intensif memburu manusia gerobak. Maklum selama Ramadan, jumlah manusia gerobak kian membengkak.

Guna meminimalisir keberadaan mereka, Sudin Sosial dan Satpol PP Pemkot Jakarta Barat menggelar razia, Jumat (11/9). Hasilnya dua manusia gerobak beserta keluarganya yang tengah mangkal di bawah Fly Over (FO) Grogol, berhasil dijaring. "Sebenarnya kami sudah lama mengintai keberadaan manusia gerobak. Tapi setiap kali digelar razia mereka selalu lolos," ujar Kasie Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Sudin Sosial Jakbar, Saifudin kepada wartawan, Jumat (11/9).

Keberadaan manusia gerobak, kata Saifudin, biasanya mangkal di setiap FO Grogol, Tomang, dan Slipi. Mereka juga kerap berpindah tempat sambil membawa seluruh keluarganya di dalam gerobak. Begitupun saat petugas menjaring manusia gerobak di FO Grogol. Ternyata ada istri dan anak mereka yang tengah beristirahat di dalam gerobak. Tanpa padang bulu mereka langsung diangkut ke atas truk patroli dan selanjutnya digiring ke Panti Social Kedoya. "Dibanding wilayah lain, jumlah manusia gerobak di Jakbar masih sedikit. Berdasarkan data, jumlah manusai gerobak justru banyak terdapat di Jakarta Pusat," katanya seraya menambahkan selama Ramadan, pihaknya telah menjaring 147 PMKS. Rinciannya, 20 Pekerja Seks Komersil (PSK), 39 pengamen, delapan waria, 12 orang gila, dan 68 gepeng. Seluruhnya langsung diserahkan ke panti sosial untuk dibina. O oan