-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

17 September 2009

Ribuan Warga Serbu Paket Murah

http://www.beritakota.co.id/berita/kota/14686-ribuan-warga-serbu-paket-murah.html

Ribuan Warga Serbu Paket Murah
Sabtu, 12 September 2009 01:52
KEMISKINAN tak kunjung beranjak dari Bumi Pertiwi. Bahkan dari Kota Jakarta sekalipun yang merupakan tolok ukur negeri tercinta. Kenyataan itu selalu telak di depan mata manakala ada pembagian sembako gratis atau penjualan kebutuhan dengan harga murah. Kaum miskin selalu menyerbunya.

Ketika Dinas Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (UMKMP) menggelar penjualan sembako murah di Stadion Olahraga Rawabadak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Jumat (11/9), ribuan warga tak mampu memadatinya. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai lanjut usia (lansia) berbondong-bondong untuk membeli kebutuhan yang hanya Rp15.000/paket. Isinya berupa berisi mie instan, minyak goreng, dan gula pasir.

Yati (30) adalah salah seorang warga yang rela berpeluh keringat ketika berdesak-desakan dengan ribuan warga yang senasib dengannya. Walau demikian, dia mengaku cukup senang karena paket itu benar-benar membantu warga kurang mampu seperti dirinya. Harga yang ditawarkan memang jauh beda dengan harga di supermarket ataupun pasar tradisional. Hanya dengan uang Rp15.000, kata dia, dirinya sudah bisa mendapatkan beberapa mie instan, minyak goreng, dan gula.

"Senang sekali, kalau bisa kegiatan seperti ini jangan hanya menjelang Idul Fitri. Tapi juga digelar pada bulan biasa agar warga kurang mampu bisa terbantu membeli sembako yang saat ini harganya melangit," harapnya.

Retno (50), warga lainnya mengaku, tidak ada sembako berbagai macam bisa dibeli dengan harga Rp15.000/paket kalau bukan di bazaar. Meski berdesak-desakan, baginya tidak masalah asal mendapat paket itu.

"Tidak masalah, biar desak-desakan tapi masih teratur. Apalagi paket sembako yang ditawarkan relatif murah. Walau harus mengantre dengan banyak orang saya rela dan tetap semangat," katanya. Namun dia tampak lemas seusai mendapatkan sembako yang dia harapkan.

Kepala Dinas KUMKMP Ade Soeharsono di sela-sela bazaar kepada wartawan mengatakan, kegiatan itu sebagai bentuk pelayanan dan kepedulian Pemprov DKI Jakarta dalam menyediakan kebutuhan pokok maupun kebutuhan lain dengan harga murah untuk menyambut hari raya.

"Kupon yang kita sediakan untuk paket sembako murah ini sebanyak 5.400 buah. Saya lihat keinginan masyarakat cukup besar. Kita berharap semua tujuan kita bisa tercapai melalui kegiatan ini. Bazaar ini akan berlangsung selama tiga hari hingga 13 September nanti," tandasnya.

Dia menyebutkan, bazaar ini menampung sebanyak 50 gerai. Diantaranya gerai Angota Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia, Alfamart, Carefour, Hypermart, Indomart, Superindo, dan Giant yang masing-masing menyediakan paket sembako dengan harga Rp15.000. Sedangkan Filma dan Bimoli menyediakan 15.000 liter migor dengan harga Rp7.000/liter. Kadin DKI Jaya menyediakan daging sapi murah dengan harga Rp49.000/kg sebanyak 1.500kg. O dra