-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

14 September 2009

Diwarnai Perlawanan, Satpol PP Tenggelamkan Alat Penambang Pasir

http://surabaya.detik.com/read/2009/09/10/143515/1200819/475/diwarnai-perlawanan-satpol-pp-tenggelamkan-alat-penambang-pasir-

Kamis, 10/09/2009 14:35 WIB
Diwarnai Perlawanan, Satpol PP Tenggelamkan Alat Penambang Pasir
Samsul Hadi - detikSurabaya

Kediri - Razia penambangan pasir mekanik di sepanjang aliran Sungai Brantas mendapat perlawanan. Satpol PP Kabupaten Kediri pun memilih menenggelamkan ke dasar sungai, Kamis (10/9/2009).

Razia kali ini difokuskan di titik penambangan pasir Desa Putih, Kecamatan Gampengrejo. Sedikitnya 30 personel Satpol PP dan 25 petugas Mapolres Kediri diterjunkan.

Nyaris terjadi bentrokan antara penambang pasir dan petugas karena berusaha menghalang-halangi kendaraan petugas masuk. Dalam kondisi mabuk minuman keras, para penambang menghadang kedatangan petugas. Petugas Satpol PP akhirnya masuk ke lokasi penambangan meski berjalan kaki.

Petugas pun melepas sejumlah mesin diesel yang terpasang di tengah sungai. Dengan alasan kesulitan membawa barang bukti ke atas kendaraan, 9 mesin diesel yang diamankan akhirnya ditenggelamkan ke dasar sungai.

"Tidak hanya diesel, tapi semua perlengkapan pendukungnya kami tenggelamkan. Kami ingin buktikan bisa tegas dan tidak pandang bulu dalam melakukan razia," kata Kepala Satpol PP Kabupaten Kediri Gembong Sudjatmiko saat ditemui wartawan di lokasi.

Petugas mengaku tidak khawatir jika alat penambang pasir kembali diangkat. Pasalnya, kedalaman dasar sungai mencapai 16 meter diakuinya akan menyulitkan usaha pengentasan diesel.

"Tapi kalaupun mereka bisa mengentaskan, besok akan kita razia kali. Tidak hanya itu, kalau ternyata dipasang diesel baru, besok dan besoknya lagi juga akan kita razia ulang," tegasnya.

(fat/fat)