-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

14 September 2009

Eksekusi Bangunan Liar Tambun Selatan Ricuh

http://news.okezone.com/read/2009/09/12/1/256938/eksekusi-bangunan-liar-tambun-selatan-ricuh

Eksekusi Bangunan Liar Tambun Selatan Ricuh

Sabtu, 12 September 2009 - 17:05 wib

JAKARTA - Eksekusi ratusan bangunan liar di sepanjang jalan Kalimalang, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) diwarnai kericuhan. Sejumlah warga yang menolak rumahnya dibongkar paksa langsung bereaksi kerar dan bersitegang dengan Petugas satpol PP.

Pantauan di lapangan, ketegangan antara petugas dengan warga berlangsung alot, bahkan untuk mempertahankan rumahnya agar tidak dibongkar petugas, salah seorang warga nekat menaiki atap rumahnya sambil membawa senjata tajam.

Tidak hanya itu, beberapa warga yang melakukan perlawanan ditangkap petugas Kepolisian dari Polsek Tambun, Kebupaten Bekasi.  

Meski mendapatkan perlawanan dari warga, petugas tetap melakukan pembongkaran dengan alat berat. Warga yang terlihat lelah melawan nampak pasrah rumahnya dibongkar.

"Pemerintah Kabupaten Bekasi sebelumnya sudah melayangkan surat peringatan kepada warga agar bangunannya dibongkar sendiri dan dikosongkan, tapi sampai batas waktu tertentu belum juga dikosongkan," terang Kepala Satpol PP, Kabupaten Bekasi, Widodo kepada wartawan di lokasi, Sabtu (12/9/2009).

Eksekusi bangunan liar ini sempat memacetkan Jalan Kalimalang hingga empat kilo meter. Sedikitnya 500 Personel yang terdiri dari Satpol PP, Petugas Kepolisian dari Polres Kabupaten Bekasi, Kodim dan beberapa Ormas turut mengamankan jalannya eksekusi. (bul)(Tedi Suteja/Global/ahm)