-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

29 September 2009

Gelandangan Serbu Kota Banjarmasin

http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2009/09/18/36646

18 September 2009 | 18:45 wib | Nasional

Gelandangan Serbu Kota Banjarmasin

Banjarmasin, CyberNesws. Gelandangan dan pengemis (Gepeng) menjelang Lebaran 1430 Hijriah namapk mulai berdatangan ke Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Seperti yang dituturkan Syahran (57) seorang Gepeng di Banjarmasin, Jum'at, dia mengemis karena tidak sanggup lagi untuk bekerja apalagi sebentar lagi sudah memasuki Hari Raya Idul Fitri.

Selain itu, lanjutnya kebutuhan ekonomi sehari-hari untuk makan bersama istri yang saat ini tinggal di kawasan Jalan Anjir muara juga selalu terkendala.  Bukan itu saja, saat ditanya kenapa datang dan mengemis di Kota Banjarmasin karena ibukota Kalsel itu termasuk kota besar dan warganya enak dan tidak segan-segan untuk memberi.

Syahran juga menuturkan menjadi Gepeng di Kota Banjarmasin tidak sendiri tetapi bersama tiga tetangganya khusus hanya untuk mengemis. "Lebih baik mengemis walau hanya mendapatkan sedikit penghasilan setiap hari daripada harus bekerja yang dilarang agama," katanya.

Dalam sehari hasil mengemis bisa mendapatkan penghasilan lebih kurang Rp30.000 dan uang tersebut dikumpulkan untuk biaya hidup sehari-hari dan buat Lebaran. "Saat ditanya mengenai Satpol PP Kota Banjarmasin yang giat-giatnya melakukan operasio yustisi gepeng, ia menjawab apabila ada Satpol PP ya menghidar," lanjutnya.

Walaupun harus ditangkap paling hanya dilakukan pendataan dan apabila bukan warga Banjarmasin akan dipulangkan dan itu lebih baik gratis pulang kerumah, katanya.

Sementara itu, Kasat Pol PP Kota Banjarmasin, Nazammudin  mengatakan, pihaknya akan terus melakukan penertiban terhadap para gepeng yang datang ke Banjarmasin. Ia juga menegaskan bagi gepeng yang telah tertangkap beberapa kali diusulkan untuk dilakukan tindakkan, kalau perlu dimasukkan kepanti rehabilitasi.

Nazam menegaskan, bagi gepeng jangan pernah mengulangi perbuatannya, apabila tertangkap untuk kedua kalinya maka akan diambil tindakan tegas, lanjutnya. Untuk sementara ini belum terlihat peningkatan jumlah gepeng saat mendekati Lebaran walaupun ada kemungkinan hanya sedikit karena pihak kami setiap hari terus melakukan penertiban.

( Ant / CN08 )