-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

09 September 2009

Gudang PakaianTerbakar Kerugian Miliaran Rupiah

http://www.beritakota.co.id/berita/berita-utama/14393-gudang-pakaianterbakar-kerugian-miliaran-rupiah.html

Gudang PakaianTerbakar Kerugian Miliaran Rupiah
Selasa, 08 September 2009 00:18
JAKARTA, BK
Gudang penyimpanan pakaian milik PT Tran Mega Daya di Jl Raya Pasarminggu KM 18 No 25, Jakarta Selatan musnah dilalap api, Senin (7/9). Api yang membakar gudang milik perusahaan yang bergerak di bidang retail itu diketahui sekitar pukul 14.30.

Menurut karyawan yang bertugas di gudang tersebut, Taufik (24), sebelum api menyala, lampu memang sempat padam. "Sebelum terjadi kebakaran, listrik sempat padam. Lima menit kemudian menyala lagi, namun disertai percikan api dan asap di meteran listrik. Api kemudian membakar tumpukan kertas di gudang bagian belakang," ujarnya.

BK/AGUNG Natanael
PADAMKAN API: Sejumlah petugas dibantu warga memadamkan api yang membakar gudang milik PT Trans Mega Jaya di Jl Pasar Minggu Raya, Jakarta Selatan, Senin (7/9). Kebakaran diduga berasal dari korsleting listrik.

Tak lama berselang, api membesar melahap isi gudang yang memang mudah terbakar. Saat itu karyawan berhamburan hendak melakukan pemadaman, di antaranya ada yang menghubungi petugas pemadam kebakaran. Tak lama kemudian, 15 unit armada pemadam yang tiba di lokasi dikerahkan bergantian melakukan pemadaman hingga api dapat dikuasai satu jam kemudian.

Kejadian itu membuat arus lalu lintas dari arah Pancoran menuju Jl Raya Pasarminggu maupun sebaliknya macet total. Petugas Sudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (PK dan PB) Jaksel Sulaiman mengatakan, rekaman closed-circuit television (CCTV) memperlihatkan asap bermula dari lantai dua gudang. "Kebakaran bermula dari lantai dua bagian belakang sebelah kiri yang terletak di dalam gang. Kami harus berjibaku tidak hanya melawan api, namun juga melawan asap tebal. Untung bagian depan gudang masih bisa diselamatkan," ujarnya.

Sulaiman menyebutkan, bagian depan bisa diselamatkan karena sumber air cukup dekat, yaitu kali di depan jalan. Selain itu alat pemadam gudang juga berfungsi dan warga pun ikut membantu.

Musibah itu sempat membuat panik pemilik Toko Mebel Decorosa yang persis berlokasi di sebelah gudang. Ketika api berkobar mereka segera mengungsikan barang-barangnya.

Sedangkan Maria Chrisnawati, pemilik gudang tampak terpukul atas musibah yang memicu kerugian miliaran rupiah itu. Dia belum bisa dimintai keterangan karena masih syok. Sejauh ini pihak Sudin PK dan PB serta pihak kepolisian masih menyelidiki penyebabnya. Namun dugaan sementara akibat korsleting listrik. O brn