-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

01 September 2009

Kaukus Desak Pemerintah Tuntaskan Kasus TKI

http://www.beritakota.co.id/berita/nasional/13725-kaukus-desak-pemerintah-tuntaskan-kasus-tki.html

Kaukus Desak Pemerintah Tuntaskan Kasus TKI
Selasa, 01 September 2009 03:34
JAKARTA, BK
Kaukus Parlemen untuk Ketenagakerjaan mendesak pemerintah Indonesia segera menyelesaikan berbagai masalah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang saat ini ada berada dalam penampungan di seluruh kedutaan RI di luar negeri.

"Sedikitnya ada sekitar 15 ribu TKI. Mereka mayoritas perempuan yang saat ini berada di berbagai penampungan di kantor KBRI di banyak negara. Mereka dalam satu tahun terakhir tidak memperoleh 'exit permit' untuk kembali ke Indonesia dan harus hidup dalam kondisi yang sangat memprihatinkan di penampungan tersebut," kata Koordinator Kaukus Parlemen untuk Ketenagakerjaan Eva Kusuma Sundari di Gedung DPR, Jakarta, Senin (31/8).

Di KBRI Jordania, misalnya. Eva menyebutkan, ada sekitar 550 lebih TKW, 8 diantara mereka hidup bersama bayi-bayi dalam ruang yang sangat tidak memadai dan sangat memprihatinkan. Sebagian adalah korban penyiksaan, perkosaan, pelecehan dan gaji yang tidak dibayar.

Anggota Komisi III DPR ini menjelaskan, hulu dari persoalan TKI khususnya TKW di luar negeri bersumber dari dalam negeri. Antara lain, proses pengirimannya tidak transparan dan diperparah lagi oleh pemahaman pemerintah yang hanya mempersepsi TKI dari sisi logika komoditisasi.

Anggota Kaukus Parlemen, Nursyahbani Katjusungkana juga menyesalkan terjadinya penyanderaan terhadap 550 TKI yang dilakukan oleh Pemerintah Yordania dengan alasan para TKI tersebut tidak memenuhi persyarakatan yang disepakati, seperti batas usia, keterampilan yang kurang memadai dan keterbatasan dalam berkomunikasi. O dad