-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

30 September 2009

Menolak Ditertibkan, Ratusan PKL Blokade Jalan

http://berita.liputan6.com/daerah/200909/245745/Menolak.Ditertibkan.Ratusan.PKL.Blokade.Jalan.

Menolak Ditertibkan, Ratusan PKL Blokade Jalan  

Ridwan Pamungkas
29/09/2009 16:02
Liputan6.com, Cirebon: Ratusan pedagang kaki lima (PKL) di Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (29/9), memblokade Jalan Tentara Pelajar. Aksi ini mereka lakukan sebagai bentuk penolakan rencana penggusuran tenda-tenda PKL di depan sebuah mal di jalan tersebut. Para pedagang menilai, rencana pemindahan itu akan mematikan nasib para PKL. Mereka menduga ada kepentingan lain antara Pemerintah Kota Cirebon dan pengelola mal terkait rencana tersebut.

Namun, penutupan jalan ini tak berlangsung lama karena dibubarkan petugas Satuan Polisi Pamong Praja. Kedatangan petugas Satpol PP ke lokasi kejadian dihadang para pedagang yang sejak pagi telah bersiaga. Saling dorong pun terjadi. Ketegangan sempat terjadi ketika petugas Satpol PP berusaha membongkar tenda mereka.

Setelah dilakukan pembicaraan antara petugas Satpol PP, sejumlah anggota DPRD Kota Cirebon, dan perwakilan pedagang, pembongkaran dilanjutkan kembali. Namun, hanya tenda PKL yang tidak ada pemiliknya saja yang dirubuhkan. Kepala Satpol PP Kota Cirebon, Deddy Nurayadi, menjelaskan, penertiban akan dilakukan lagi tiga hari mendatang. Untuk para pedagang yang digusur, pihaknya telah menyiapkan lokasi baru di sekitar Stasiun Prujakan.(IAN/YUS)