-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

30 September 2009

Miskin, Tiga Balita Gizi Buruk

http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2009/09/29/miskin-tiga-balita-gizi-buruk

Miskin, Tiga Balita Gizi Buruk

September 29, 2009 - 12:52
Kategori Berita Terkini, Daerah

SURABAYA(Pos Kota)-Miskin, tiga balita menderita gizi buruk kin dirawat di  RSU dr Soewandie Surabaya sejak Jumat lalu. Kondisi mereka berangsur-angsur membaik, namun 1 diantaranya masih sangat lemah.

Menurut keterangan, ketiga balita ini menderita gizi buruk karena orangtua mereka miskin dan tidak mampu mencukupi kebutuhan gizi mereka.

Misalnya seperti yang terjadi pada Sigo balita berumur 2 tahun asal Dukuh Pakis Surabaya ini tubuhnya tinggal tulang berbalut kulit, wajahnya pucat, dan matanya sayu. Beratnya hanya 5 Kg, padahal berat balita normal seusianya sekitar 10-15 Kg. panjang tubuhnya juga hanya 72 cm.

Isa Ramayanti, ibu Sigo hanya bekerja sebagai buruh cuci. Penghasilannya  Rp 25.000 per harinya.Anak Isa ada 4 orang dan tidak ada yang bersekolah. Ia mengaku tidak mempunyai uang untuk mencukupi gizi anaknya. Sigo anak bungsunya juga hanya diberinya makan nasi campur mie instant saja.

Sementara itu, Indri satu diantara petugas rekam medik di RSU dr Soewandie mengatakan selain gizi buruk, ketiga balita itu juga menderita penyakit diare dan radang paru-paru. Pihak RS hanya akan mengobati penyakit diare dan radang paru-paru itu. Sedangkan mengenai gizi buruk akan ditangani oleh Puskesmas untuk dirawat sambil jalan.

Untuk memberikan asupan gizi atau mengontrol gizi tiga balita itu, RSU dr Soewandie memberikan 50 cc susu formula khusus gizi buruk setiap 3 jam sekali kepada 3 balita itu.(nurqomar/B)