-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

29 September 2009

Pencaker Serbu Disnaker

http://www.beritakota.co.id/berita/bodetabek/15663-pencaker-serbu-disnaker-.html

Pencaker Serbu Disnaker
Selasa, 29 September 2009 02:58
Ribuan pencari kerja di Kota Bekasi dan Tangerang menyerbu Kantor Disnaker. Mereka berdesakan mengurus kartu kuning untuk melamar pekerjaan di intansi pemerintah dan perusahaan swasta.

PASCALEBARAN Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi dan Kabupaten Tangerang diserbu oleh ribuan pencari pekerjaan (pencaker), Senin (28/9). Mereka rela antre untuk mengurus kartu kuning yang akan digunakan melamar pekerjaan. Kondisi itu diperkirakan akan berlangsung hingga beberapa hari mendatang.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Berita Kota, para pencaker menyerbu kantor disnaker secara bersamaan karena mendengar kabar, bahwa sejumlah departemen menerima pegawai baru. Selain itu, ada perusahaan swasta juga membuka lowongan pekerjaan. Mereka bergegas mengurus kartu kuning yang menjadi salah satu syarat untuk melamar pekerjaan karena batas waktu pendaftaran sangat sempit.

Waktu yang mepet itu dimanfaatkan oleh para pencaker secara maksimal. Mereka antre di kantor disnaker, bahkan seolah tak peduli harus berdesakan, asal segera mendapatkan kartu kuning.

Sejumlah pencaker mengaku menerima informasi tentang adanya lowongan pekerjaan di sejumlah pekerjaan yang dibuka seusai lebaran. Selan itu, ada juga pencaker yang mendengar kabar adanya departemen yang menerima pegawai baru.

"Kami mengurus kartu kuning karena menjadi salah satu syarat utama untuk melamar pekerjaan. Bukan hanya melamar ke perusahaan swasta, tetapi juga mendaftar pegawai negeri sipil (PNS)," kata Randi, salah seorang pencaker, kemarin.

Kepala Disnaker Kota Bekasi Junaedi mengakui adanya lonjakan pencaker yang mengurus kartu kuning sejak Kamis (24/9) atau pada hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran. Hingga kemarin, katanya, sudah 520 kartu kuning yang dikeluarkan. "Jumlah itu diperkirakan masih bertambah karena mereka mengejar batas waktu lamaran," katanya.

Suasana serupa juga terlihat di Kantor Disnaker Kabupaten Tangerang yang berada di Cikokol, Kota Tangerang, Senin. Ribuan pencaker mengurus kartu kuning atau kartu AK-1 untuk melamar pekerjaan.

Menurut Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disnaker Kabupaten Tangerang M Marbun, setiap tahun jumlah pencaker tidak pernah sebanding dengan lowongan kerja yang tersedia. Pada 2008, dari 51.439 pencari kerja hanya 15.550 orang atau 35% yang terserap. Meski belum diketahui jumlah pencari kerja, Marbun berharap tahun ini lowongan pekerjaan terbuka lebar. Harapan itu muncul dari banyaknya informasi lowongan kerja dari berbagai perusahaan sejak sebelum lebaran.

Sementara itu, menurut Jahrudin, petugas loket disnaker, sejak layanan dibuka pada Kamis lalu, para pencaker berdatangan untuk membuat kartu kuning. "Jumlah yang membuat kartu kuning selalu bertambah," kata dia. O hem/sum