Ratusan Satpol PP Tuntut Gaji Honorer
Jambi (ANTARA News) - Ratusan anggota satuan polisi pamong praja (Satpol PP) Kota Jambi, Senin, "menyerbu" ruang kantor Kabag Keuangan Setda Kota Jambi, menuntut gaji honorer selama tiga bulan yang belum dibayar.

"Kami menuntut gaji dari Juli hingga September 2009 dibayarkan segera. Jika tidak kami bisa saja melakukan mogok kerja," ancam salah seorang Satpol PP.

Menurut pengakuan para anggota Satpol PP tersebut, tiap anggota menerima gaji honorer perbulan sebesar Rp600 ribu, jumlah tersebut diberikan kepada sekitar 138 anggota Satpol PP.

Dari keterangan para anggota lainnya, gaji honorer biasanya diberikan rutin tiap bulan, namun kali ini sudah tiga bulan tak kunjung dibayarkan.

"Uang gaji honor tersebut rencananya akan kami gunakan untuk persiapan Lebaran," ujar salah seorang anggota Satpol PP yang mengaku bernama Agung.

Menurut Agung, aksi tersebut juga murni atas kesadaran para anggota Satpol PP, baik yang telah diangkat menjadi PNS maupun masih berstatus honorer.

"Tidak ada sama sekali yang menggerakkan, ini murni kesadaran para anggota, apalagi saat ini menjelang Lebaran tentunya anggota memerlukan uang untuk persiapan," katanya.

Akibat aksi para anggota Satpol PP tersebut, ruang kantor Kabag Keuangan yang berada di bagian belakang kantor Setda Pemko Jambi menjadi penuh sesak. Teriakan menuntut agar gaji honor segera dicairkan ikut menambah suasana menjadi ramai dan sesak.

Melihat gelagat yang tidak baik, para pegawai yang berada di ruang Kabag Keuangan termasuk Kabag Keuangan, M. Ikbal terpaksa keluar kantor untuk mengamankan diri.

Untuk menenangkan aksi tersebut, Asisten II Pemko Jambi Sofyan Wairata langsung turun meminta agar para Satpol PP menenangkan diri.

Usai berdialog sebentar dengan massa, Sofyan langsung meminta Kepala Satpol PP Kota Jambi Atma Jaya, Kabag Ekonomi, M. Ikbal serta staf bagian ekonomi berkumpul di ruang Kabag Ekonomi.

Usai pertemuan, Sofyan mengatakan, pihaknya telah menemukan titik temu dan pembayaran gaji honorer Satpol PP akan segera dicairkan paling lambat satu hari setelah kejadian tersebut.

"Sudah tidak masalah lagi minimal besok gaji sudah dicairkan," ujarnya.

Sementara, Kepala Satpol PP Kota Jambi, Atma Jaya mengatakan, jika sejak sebelumnya pembayaran gaji honorer tidak mengalami masalah, segala administrasi persyaratan gaji honorer sudah tidak masalah tinggal menunggu pencairannya saja.

"Saya tidak tahu jika ada kesalahan, sebab selama ini syaratnya tidak berbeda dengan bulan sebelumnya. Namun kenapa saat ini gaji tak kunjung turun juga," tuturnya.(*)