-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

16 September 2009

Ratusan Warga Miskin Serbu Pasar Murah

http://regional.kompas.com/read/xml/2009/09/14/17145782/Ratusan.Warga.Miskin.Serbu.Pasar.Murah..

Ratusan Warga Miskin Serbu Pasar Murah
Senin, 14 September 2009 | 17:14 WIB

SLEMAN, KOMPAS.com - Ratusan warga miskin di Kecamatan Seyegan, Sleman, DI Yogyakarta, menyerbu pasar murah yang digelar pemerintah Kecamatan Seyegan, Senin (14/9). Pasar murah itu dimaksudkan untuk membantu warga miskin memenuhi kebutuhan menjelang Hari Raya Lebaran nanti.

Ratusan warga yang kebanyakan kaum ibu dari lima desa di kecamatan Seyegan mulai mendatangi lokasi pasar murah di kantor kecamatan sejak sekitar pukul 09.00. Mereka menukarkan kupon pembelian yang telah dibagikan beberapa hari sebelumnya.

Paket sembako tersebut berisi minyak goreng kualitas I (1 liter), gula pasir (1 Kg), kue kering (1 kaleng), dan sirup (1 botol). Keseluruhan paket sembako itu bernilai Rp 40.000, namun pihak kecamatan menjualnya dengan subsidi setengah harga, menjadi hanya Rp 20.000.

Meski warga sempat berdesak-desakan saat akan menukarkan kupon, namun secara umum pembagian paket berlangsung lancar. Hanya dalam waktu satu setengah jam, ratusan paket sembako telah ludes ditebus warga.

Ngatini (43), warga Dusun Kregolan, Desa Margomulyo, yang sehari-hari bekerja sebagai buruh bangunan mengaku sangat terbantu dengan adanya pasar murah tersebut. "Alhamdulillah, bisa me mbantu untuk kebutuhan Lebaran nanti," katanya.

Paket sembako murah itu menjadi lebih berarti sekarang ini di saat harga bahan-bahan kebutuhan pokok mengalami kenaikan. "Kalau dihitung-hitung dengan penghasilan saya yang hanya Rp 100.000 per minggu , jelas tidak cukup untuk kebutuhan Lebaran nanti," katanya.

Camat Seyegan Angoro Aji Sunaryono mengatakan acara ini sudah dilakukan sejak dua tahun terakhir. Tahun ini, pihaknya mendapat dukungan dana dari lima Badan Keswadayaan Masyarakat di Seyegan. "Total paket sembako yang dibagikan sebanyak 800 paket. Selain itu, ada pula tambahan 440 kupon senilai Rp 20.000 untuk membeli produk-produk usaha kecil Seyegan yang dijual di pasar murah tersebut," katanya.ENG