-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

01 September 2009

Razia PMKS Gencar, Panti Cipayung Penuh

http://www.mediaindonesia.com/read/2009/08/08/93337/36/5/Razia_PMKS_Gencar_Panti_Cipayung_Penuh

Razia PMKS Gencar, Panti Cipayung Penuh
Senin, 31 Agustus 2009 20:22 WIB     
Penulis : Muhammad Fauzi


JAKARTA--MI: Panti Sosial Cipayung Jakarta Timur kelebihan penghuni. Saat ini panti dihuni 170  orang. Kelebihan 70 dari kapasitas panti, yang idealnya hanya mampu menampung 100 penghuni.

Hal itu disebabkan gencarnya razia penyandang masalah kesejahteraan dan sosial (PMKS) seperti gelandangan, pengemis, pengamen, asongan, dan penjaja seks yang dilakukan polisi dan Pamong Praja menjelang dan selama bulan suci Ramadan.

Hal itu dikemukakan Kabag Tata Usaha Panti Sosial Cipayung Ruminto kepada Media Indonesia, di Jakarta, Senin (31/8).

"Saat ini ada 170-an penyandang masalah sosial yang ditampung Panti Cipayung. Jumlahnya naik turun tergantung hasil dari razia oleh Satpol PP," ujar Ruminto.

Menurutnya, jumlah tersebut jelas melebihi daya tampung panti namun, setelah dibagi atas berbagai profesi seperti asongan, pengamen, pengemis, dan penjaja seks, data mereka dicatat petugas. Mereka ada yang dijemput keluarga, ada juga yang dirujuk kebeberapa panti sosial untuk diberi keterampilan. Keluarga yang menjemput harus membuat surat pernyataan sanggup mengawasi dan tidak membiarkan anggota keluarganya itu kembali ke jalan.

Mereka yang tidak memiliki keluarga penjamin dirujuk ke panti lain, yaitu Panti Sosial Balita Cipayung, Panti Sosial Anak Perempuan Duren Sawit, Panti Sosial Anak Laki-laki Cengkareng, Panti Sosial Wanita Kedoya, dan Panti Jompo di Ciracas. "Sisanya ditampung di sini untuk kita bina. Jumlahnya kira-kira 100-an agar tidak terlalu over kapasitas," ujar Ruminto. (Faw/OL-03)