-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

16 September 2009

Wawali Makassar Ikut Padamkan Kebakaran Pasar

http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2009/09/13/36305

13 September 2009 | 08:35 wib | Nasional

Wawali Makassar Ikut Padamkan Kebakaran Pasar

Makassar, CyberNews. Wakil Wali Kota Makassar Supomo Guntur dan Ketua Sementara DPRD Kota Makassar Yusuf Gunco, turun tangan memadamkan kebakaran Pasar Parang Tambung Makassar bersama petugas Dinas Pemadam Kebakaran, Minggu dini hari.

Dari Pantauan, Supomo Guntur dan Yusuf Gunco ikut membantu memegang slang air pemadam kebakaran (Damkar) dan mengarahkan pemadaman titik-titik api bersama Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penaggulangan Bencana (Kadis PKPB) Makassar Aminullah A Tang.

Sejumlah petugas pemadam kebakaran juga berjuang sekuat tenaga menjinakkan si jago merah yang melalap area sebelah Timur Pasar Parang Tambung, Kecamatan Tamalate Makassar itu.

Sebelumnya, Supomo berada di rumah dinas mendengar musibah yang menimpah para pedagang itu langsung meluncur di tempat kejadian perkara (TKP).

Begitu pula Ketua Sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar Yusuf Gunco, yang rumahnya tidak jauh dari TKP langsung ikut membantu memadamkan api.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 00.00 Wita itu menghanguskan lapak-lapak los pedagang ikan basah, ikan kering serta sayur mayur dengan jumlah 42 los di area Blok A dan 12 petak kios yang berada di Blok B, pasar andalan warga Kecamatan Tamalate Makassar.

"Ini sangat memprihatinkan karena terjadi di saat satu minggu menjelang Idul Fitri, " kata Supomo yang didampingi Yusuf, usai melakukan pemadaman sekitar pukul 02.00 Wita dinihari.

Belum diketahui penyebab kebakaran dan kerugian akibat musibah tersebut.

Ia mengimbau kepada para korban kebakaran agar dapat mengidentifikasi dan mengumpulkan barang-barang yang terbakar agar dapat ditaksir jumlah kerugian. "Segera inventarisir barang-barang korban agar petugas dapat menaksir kerugian yang ada," jelasnya.

Identifikasi penyebab kebakaran ini diserahkan kepada pihak perusahaan daerah (Persda) Pasar Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dan aparat Kelurahan Parang Tambung, Kecamatan Tamalate Makasar. Pemkot akan memberikan bantuan sumbangan kepada pemilik kios dan los yang terkena musibah. 

( Ant / CN13 )