-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

30 October 2009

3 Strategi Menko Kesra Turunkan Angka Kemiskinan

http://www.detiknews.com/read/2009/10/30/093047/1231532/10/3-strategi-menko-kesra-turunkan-angka-kemiskinan

Jumat, 30/10/2009 09:30 WIB
3 Strategi Menko Kesra Turunkan Angka Kemiskinan
Didi Syafirdi - detikNews

Jakarta - Kemiskinan masih menjadi salah satu persoalan utama di Indonesia. Untuk mengatasinya, Menko Kesra Agung Laksono akan menerapkan 3 langkah utama.

"Banyak masalah kesehatan, tapi intinya kita fokus bagaimana soal penanggulangan terhadap kemiskinan, karena itu yang diharapkan publik agar angka kemiskinan dapat diturunkan," kata Agung sebelum acara National Summit di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Jumat (30/10/2009).

Tiga langkah yang akan diambil Agung itu adalah pemberian bantuan kepada golongan sangat miskin, adanya pembelajaran untuk kerja mandiri untuk masyarakat dan infrastruktur, dan kredit usaha rakyat (KUR).

"Kalau ketiga ini sudah dapat dikooordinasikan dengan mantap dan sudah dijalankan oleh institusi masing-masing, Menko Kesra hanya akan mendorong agar koordinasi dapat berjalan optimal," kata Agung.

Selain itu, lanjut Agung, penciptaan lapangan kerja juga akan menjadi fokus perhatian. Dengan adanya lapangan kerja, kemiskinan akan dapat dikurangi. "Pengangguran berbanding lurus dengan kemiskinan," kata mantan Ketua DPR ini.

Mengenai National Summit sendiri, Agung percaya acara ini penting untuk diselenggarakan meski ada yang beranggapan acara itu sekadar sebagai wahana koordinasi tanpa implementasi. "Koordinasi penting, sebab tanpa koordinasi itu bisa melemahkan implementasi. Itu bisa merugikan, dan kinerja tidak akan optimal," kata Agung.

Dengan koordinasi di National Summit ini, Agung percaya program kerja pemerintah akan jadi lebih baik. Sebab pemerintah melibatkan berbagai kalangan masyarakat serupa Kadin, ormas-ormas, dan lain-lain.

"Ini langkah baik walaupun saya akui memang masih ada kekurangan," tutup Agung.

(sho/iy)