-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

26 October 2009

Batal Nikah Gara-Gara Terserang Gizi Buruk

http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2009/10/24/38747

24 Oktober 2009 | 08:56 wib | Nasional

Batal Nikah Gara-Gara Terserang Gizi Buruk

Garut, Cybernews. Seorang gadis berusia 19 tahun, warga Desa Sekarwangi, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terpaksa membatalkan pernikahan akibat menderita gizi buruk.

Perempuan berparas cantik dan berkulit putih itu, membatalkan niatnya pada 10 hari menjelang pernikahan, karena kakinya mengecil dan nyaris lumpuh, kata Camat Malangbong Nandang Sulaksana, Jumat (23/10).

Ibu kandungnya, Adah, 38, selama ini ia hanya bisa pasrah atas nasib yang mendera anak kandungnya itu. Apalagi, kondisi perekonomiannya di bawah garis kemiskinan, sedangkan suaminya berprofesi sebagai tukang sol sepatu di Bandung.

Setiap didatangi aparat kecamatan dan kesehatan, Adah mengaku tidak bisa memenuhi gizi keluarga yang cukup. "Bahkan bisa makan sehari satu kali pun sudah terbilang untung," ungkap camat Nandang Sulaksana menirukan ucapan ibu tiga anak tersebut.

Sedangkan dua anaknya yang dilahirkan kembar berusia delapan tahun, masing-masing laki-laki dan perempuan. Keduanya baru sekitar sepekan lalu bisa pulih dari deraan gizi buruk, karena sebelumnya sangat lunglai dan hanya bisa terbaring di tempat tidur.

Masih menurut camat, aparat pemerintahan setempat dan petugas kesehatan selama ini berupaya memulihkan kondisi kesehatan keluarga miskin tersebut. Namun kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan gizi yang cukup diperlukan bantuan dari kalangan dermawan, yaitu berupa peluang usaha kecil yang produktif, yang bisa mereka garap sesuai dengan pengetahuan dan keterampilannya.

( MIOL / CN12 )