-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

06 October 2009

Belasan Bangli di Sawah Pulo Dibongkar Paksa

http://surabaya.detik.com/read/2009/10/06/101901/1216061/466/belasan-bangli-permanen-di-sawah-pulo-dibongkar-paksa

Selasa, 06/10/2009 10:19 WIB
Belasan Bangli di Sawah Pulo Dibongkar Paksa
Imam Wahyudiyanta - detikSurabaya



Bangli Sawah Pulo dibongkar/Imam W
Surabaya - Bangunan liar (Bangli) permanen di kawasan Sawah Pulo Lapangan dibongkar paksa oleh puluhan petugas gabungan Satpol PP Pemkot Surabaya dan 6 kecamatan.

Belasan rumah permanen dibongkar dengan alat seadanya. Warga yang mendapati rumahnya dibongkar paksa tak mampu melakukan perlawanan. Mereka dengan tertib mengeluarkan semua isi rumah sebelum dilakukan pembongkaran.

"Pembongkaran ini seharusnya sudah kami lakukan bulan puasa lalu. Tapi warga minta keringanan agar dibongkar 2 minggu usai lebaran," ujar Kasi Trantib Satpol PP Kecamatan Semampir M Ilyas kepada wartawan di lokasi, Selasa (6/10/2009).

Ilyas menambahkan, pembongkaran dilakukan karena bangunan itu berdiri di atas tanah pemerintah Kota Surabaya. Rencananya tanah seluas 900 meter persegi itu digunakan mendirikan SMP 11.

Sementara warga yang berjumlah 25 KK bingung dengan tempat tinggalnya pasca pembongkaran rumah miliknya yang selama dikontrak dari warga sekitar yang mengaku bernama Romlan.

Seperti yang dialami oleh Fatimah (24) asal Sampang, Madura. Wanita dua anak itu bingung nanti malam akan tidur dimana. Pasalnya dirinya tidak memiliki uang untuk kontrak atau sewa kamar kos lagi.

"Uang saya habis untuk mengontrak Rp 1,2 juta selama 1 tahun," ujar Fatimah kepada detiksurabaya.com.

Yang membuatnya jengkel yakni, dirinya merasa tertipu. Sebab uang kontrakannya tidak dikembalikan oleh Romlan. Romlan sendiri seorang pria  yang sudah tua dan lama tinggal di kawasan tersebut. "Dulu bilang bangunan ini resmi, ternyata saya dibohongi," tambahnya.(iwd/fat)