-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

21 October 2009

DPRD Awasi Pelayanan 6 RSUD

http://www.beritakota.co.id/berita/kota/17507-dprd-awasi-pelayanan-6-rsud-.html

DPRD Awasi Pelayanan 6 RSUD
Rabu, 21 Oktober 2009 00:00
JAKARTA, BK
KOMISI E DPRD DKI Jakarta mulai mengintensifkan pemantauan terhadap kinerja enam RSUD agar pelayanan terhadap masyarakat, terutama warga miskin (gakin), meningkat. Pemantauan diawali dengan mengunjungi enam RSUD di Jakarta untuk melihat proses pelayanan yang diberikan dan fasilitas yang disediakan.

Anggota Komisi E DPRD DKI Ichwan Zayadi, Selasa (20/10), menyebutkan, RSUD yang pertama kali dikunjungi adalah Durensawit. Setelah itu Tarakan, Cengkareng, Koja, Budiasih, dan RSUD Pasarrebo.

RSUD Durensawit sudah dikunjungi pekan lalu. RSUD Tarakan dan Cengkareng dikunjungi kmarin, RSUD Koja akan dikunjungi Kamis (22/10), RSUD Budiasih dikunjungi Jumat (23/10), dan RSUD Pasarrebo dijadwalkan dikunjungi pekan depan.

Ichwan mengaku, saat kunjungan, anggota dewan tak hanya 'mengobrol' dengan pengelola RS milik Pemprov DKI tersebut, tapi juga dengan pasien. Dari hasil wawancara itu diketahui, umumnya pasien gakin mengeluhkan kebijakan pemprov yang hanya menggratiskan 25-50% dari total biaya pengobatan yang dikeluarkan jika berobat dengan menggunakan surat keterangan tanda miskin (SKTM). Padahal jika berobat dengan menggunakan kartu Jaminan Pelayanan Kesehatan (JPK) Gakin, biaya pengobatan 100% gratis. Mereka meminta agar penggunaan SKTM dan JPK Gakin tidak dibedakan. O rhm