-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

09 October 2009

Jalur Dua Arah Cakung-Cilincing Macet

http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2009/10/08/jalur-dua-arah-cakung-cilincing-macet

Jalur Dua Arah Cakung-Cilincing Macet

Oktober 8, 2009 - 13:36
Kategori Berita Terkini, Headline, Jakut

CILINCING (Pos Kota)- Aparat Satpol PP Jakarta Utara kembali gagal melakukan eksekusi puluhan rumah yang berada di Kampung Karang Anyar, Rawa Betu, Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara.

Kondisi ini terjadi lantaran ratusan penghuni rumah yang umumnya asal Madura ini menyandera puluhan mobil yang saat itu melintas di lokasi. Penyanderaan ini juga mewarnai aksi bakar-bakar ban, sehingga menimbulkan kemacetan.

Rencana, eksekusi bangunan ini sebelumnya juga pernah dilakukan, 12 Agustus 2009 lalu dan kali ini kembali gagal.

Pantauan, sebanyak 1.500 personil terdiri dari Satpol PP, Brimob, Polres dan TNI yang akan melaksanaan eksekusi ini gagal dilakukan pasalnya, petugas dihadang ratusan warga bersenjata celurit dan bom molotov. Jalur dua arah yakni Cakung dan Cilincing dan arah sebaliknya macet akibat penyanderaan mobil dan aksi bakar-bakar ban di badan jalan.

Kondisi makin memanas tersebut akhirnya terhenti setelah Kapolres Jakarta Utara, Kombes Pol Drs Rudi Supariadi,  tiba di lokasi dan meminta warga agar segera menghentikan aksi bakar-bakar dan pemblokiran jalan, arus lalu lintas pun kembali normal.

Yusmin, Kasie Penertiban Masyarakat Satpol Jakarta Utara, mengungkapkan pihaknya membatalkan eksekusi tersebut mengingat arus lalu lintas di lokasi lumpuh hingga 2 KM. "Hari ini dibatalkan dulu dan dirapatkan dulu untuk menentukan waktu yang tepat," rumah8ujarnya.

Yusmin menambahkan sebetulnya proses negosiasi sudah dilakukan sejak 4 tahun lalu. Dan seharusnya bangunan-bangunan itu sudah dikosongkan, sebagaimana ketetapan Pengadilan Tata Usaha Negara.

(hasan/sir)