-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

30 October 2009

Kembali Menggalakkan Transmigrasi

http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2009/10/30/kembali-menggalakkan-transmigrasi

Kembali Menggalakkan Transmigrasi

Oktober 30, 2009 - 13:38
Kategori Berita Terkini, Nasional

JAKARTA (Pos Kota) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar,  mengajak pengangguran dan kaum marjinal  bertransmigrasi. Sebab transmigrasi merupakan   program unggulan pemerintah mengatasi segala macam permasalahan dibidang kependudukan di Indonesia .

"Revilatalisasi program transmigrasi diharapkan menjadi salah satu solusi  dalam mengatasi masalah pengangguran dan  kemiskinan di berbagai daerah di Indonesia , " kata Menakertrans di ruang kerjanya.

Sebagai contoh, lanjut Menakertrans,  di Jakarta  jumlah pengangguran dan kaum marjinal begitu besar, maka oleh sebab itu akan didorong sosialisasi kepada mereka untuk bertransmigrasi sehingga mampu meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya.

Agar program tersebut dapat berjalan dengan baik, Depnakertrans akan memacu kerja sama dengan Pemda untuk membuka dan memanfaatkan lahan terbuka bagi transmigran baru.

"Sebenarnya setiap tahun tidak kurang dari 75 ribu KK (kepala keluarga)  yang mau transmigrasi, tapi Depnakertrans baru mampu memberangkatkan dan mernyiapkan lahan hanya sampai  pada jumlah 10 ribu kk per tahun, " ujarnya.

Selain mengatasi pengangguran, transmigrasi juga untuk membangun daerah baru, khususnya sektor pertanian. Hal ini ditujukan untuk mendukung ketahanan pangan, ketahanan energi, pertahanan produksi dalam negeri.

Hingga saat ini, daerah-daerah transmigran di Indonesia telah menjadi tanah harapan bagi sedikitnya 2,2 juta keluarga atau sekitar 10 juta orang yang tersebar di 3.325 desa.

Mereka berada dalam 547 kawasan transmigrasi. Dari jumlah itu, 88 desa telah berkembang menjadi ibu kota kabupaten dan 235 desa telah menjadi ibu kota kecamatan. Ini adalah bukti dari keberhasilan program transmigrasi dalam pembangunan bangsa.(tri/B)