-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

30 October 2009

Pemerintah Siapkan 3 Progam Atasi Kemiskinan

http://economy.okezone.com/index.php/ReadStory/2009/10/30/20/270697/pemerintah-siapkan-3-progam-atasi-kemiskinan

Pemerintah Siapkan 3 Progam Atasi Kemiskinan

Jum'at, 30 Oktober 2009 - 11:21 wib  
Taufik Hidayat - Okezone
Foto: Koran SI

JAKARTA - Pemerintah menyiapkan tiga program unggulan guna pengentasan kemiskinan. Hal tersebut menjadi agenda utama dalam pembahasan National Summit di hari kedua ini.

"Intinya membicarakan tentang penanggulangan kemiskinan, diharapkan publik menurunkan angka kemiskinan dengan berbagai cara," kata Menko Kesra Agung Laksono, saat ditemui wartawan disela-sela National Summit, Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Jumat (30/10/2009).

Tiga program yang dimaksukan yaitu, peningkatkan efektifitas dan keberlanjutan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, mengembangkan bantuan sosial terpadu berbasis keuangan bagi masyarakat miskin, meningkatkan akses usaha mikro dan kecil terhadap sumber daya produktif serta meningkatkan koordinasi Pusat dan Daerah dalam penanggulangan kemiskinan. "Yang ketiga ini harus ada koordinasi yang barus, yang dijalankan oleh institusi," ujarnya.

Dengan penciptaan lapangan pekerjaan, dengan begitu pengurangan kemiskinan berbanding lurus dengan pengaangguran. "Setidaknya, ini akan melibatkan berbagai masyarakat diberbagai lapisan, termasuk Kamar Dagang dan Industri (Kadin). Ini jauh lebih baik dari program pemerintah saja, meskipun ada kekurangan," pungkasnya.  (css)