-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

29 October 2009

Menko Kesra Lanjutkan BLT

http://www.mediaindonesia.com/index.php/read/2009/10/27/102485/4/2/Menko_Kesra_Lanjutkan_BLT

Menko Kesra Lanjutkan BLT
Selasa, 27 Oktober 2009 18:18 WIB     
Penulis : Dani Prasetya


Menko_Kesra_Lanjutkan_BLT

MI/Denny Susanto

JAKARTA--MI: Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) tetap dilanjutkan. Rencananya, program bantuan yang diberikan pada masyarakat miskin setiap tiga bulan sekali dengan besaran senilai Rp100 ribu itu akan tetap dimasukkan ke dalam rencana kluster 1.

"BLT menjadi bahan usulan kelanjutan kluster 1 sebelumnya. Soal pelaksanaannya, lihat perkembangan. Kalau dilaksanakan, akan kami taruh di kluster 1," ungkap Menko Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Agung Laksono, usai rapat koordinasi di Gadung Menko Kesra, Jakarta, Selasa (27/10).

Nantinya, rencana kelanjutan program BLT juga akan diajukan sebagai bahan pembahasan di gelaran National Summit yang akan berlangsung 29-30 Oktober 2009. "Kami terbuka pada pilihan. Pelaksanaannya tergantung dari perkembangannya nanti itu," ujar dia.

Selain BLT, nantinya Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), beras miskin (raskin), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) akan tetap dijalankan. "Isu kemiskinan yang akan kami bawa (ke National Summit) itu mengembangkan bantuan sosial terpadu berbasis keluarga. Nantinya, kami meminta tanggapan dari publik," ucapnya.

Dia juga tetap menjalankan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri yang telah termanfaatkan senilai Rp16 triliun. Angka tersebut diberikan sebagai permodalan untuk 2,5 juta nasabah dengan nilai Rp7-7,5 juta per orang. "Itu sudah berhasil termanfaatkan. Sudah dimanfaatkan untuk usaha. Bantuan itu juga bukan charity," tutur Agung.

Selain program tersebut, dia akan mengusulkan agar perbankan daerah diizinkan untuk dapat menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang saat ini masih dijalankan oleh enam bank nasional (BRI, Bank Mandiri, BNI, BTN, Bank Bukopin, Bank Mandiri Syariah). "Bank daerah ngebet ingin salurkan KUR juga," ujar dia. (*/OL-04)