-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

12 October 2009

Pemilik Putuskan Hentikan Proses Pemadaman Api

http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2009/10/11/37994

11 Oktober 2009 | 23:45 wib | Daerah

Kebakaran Pabrik Jamur di Purworejo

Pemilik Putuskan Hentikan Proses Pemadaman Api


Purworejo, CyberNews. Petugas pemadam kebakaran dari Kesbangpolinmas dan Akmil Magelang tidak bisa memadamkan total api yang membakar jerami bahan baku jamur merang dan pupuk organik milik PT Organik Alam Lestari di jalan raya Purworejo-Magelang KM 10,5. Pemilik pabrik dan petugas pemadam kebakaran telah sepakat untuk mengakiri pemadaman setelah api berhasil dilokalisasi dan dipastikan tidak akan merembet ke perkampungan warga.

Kepala Kesbangpolinmas Tri Handoyo melalui Kasi Linmas Hardoyo mengungkapkan bahwa pemilik pabrik sudah merelakan jerami yang terbakar dan sudah tidak bisa diselamatkan. Alasan dari pemilik adalah terkait masalah biaya, waktu, dan tenaga yang tidak sebanding dengan barang yang diselamatkan.

Hardoyo mengungkapkan bahwa untuk melakukan pemadaman total petugas sangat kesulitan. Pasalnya, jumlah jerami yang terbakar itu sekitar 1.800 meter kubik dengan ketinggian sekitar 5 meter. Api yang membakar tumpukan jerami bagian permukaan bisa dipadamkan, tapi tidak lama hidup kembali karena bara api terus membara di bagian dalam tumpukan. Diperkirakan nilai kerugian material yang diderita diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

( Nur Kholiq / CN14 )