-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

24 May 2005

[Nasinih b Tasmar —Arab Saudi] TKW Asal Indramayu Tewas Gantung Diri di Arab

TEMPO Interaktif
Selasa, 24 Mei 2005

Indramayu: Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal desa Sakaurip, Kecamatan Balongan, Indramayu, Nasinih binti Tasmar (41 tahun) dinyatakan meninggal di rumah majikannya di Arab Saudi. Berdasarkan laporan,kematian, dia tewas gantung diri.

Kamsari (45 tahun), suami Nasinih, saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa kabar meninggalnya istrinya ia dapatkan setelah pihak KBRI di Arab Saudi memberikan informasi resmi atas kasus tersebut. "Berdasarkan catatan hasil visum, korban meninggal pada 26 Maret 2005," ujarnya saat ditemui Selasa (24/5).

Setelah menerima kabar tersebut, ia telah mendatangi PT Sukma Insan Kamil di Jakarta Timur yang memberangkatkan isterinya tersebut. Dari perusahaan itu diperoleh konfirmasi bahwa Nasinih memang tewas di rumah majikannya akibat gantung diri.

"Kini saya pasrah. Saya cuma minta agar jenazah istri saya segera dibawa ke kampung untuk dimakamkan," tuturnya. Nasinih sendiri, menurut Kamsari, pernah mengeluhkan majikannya yang galak dan sering menganiaya dirinya.

Hendra Pondaga, staf Dinas Sosial dan Tenaga Kerja menyatakan siap membantu pengurusan hak-hak keluarga Nasinih, termasuk bila pihak keluarga akan mengajukan tuntutan hukum atas kasus tersebut. Ivansyah