-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

24 June 2007

Puluhan Calon TKI Tertipu, Uang Dibawa Kabur Penyalur

Pos Kota
24 Juni 2007

DEPOK (Pos Kota) - Tergiur bekerja ke Taiwan dengan gaji yang tinggi, sedikitnya 50 pencari kerja dari sejumlah daerah ditipu oleh perusahaan penyalur. Masing-masing korban sudah menyetor sedikitnya Rp 1 juta, namun bukannya diberangkatkan kantor penyalur ternyata ditinggal kosong.

Merasa tertipu, sejumlah korban mengadu ke Polsek Sukmajaya, Minggu (24/6). Informasi yang dihimpun, kejadian berawal saat mereka melihat lowongan pekerjaan dari PT PHB di Jl Villa Pertiwi Blok RT 04/04 Sukmajaya, Depok. Dengan iming-iming gaji tinggi dan biaya administrasi sebesar Rp 27 juta boleh diangsur, puluhan orang tertarik untuk mendaftar jadi calon TKI.

Namun setelah membayar uang muka, tak kunjung ada panggilan. “Sejak kemarin sore saya telpon ke PT. PHB tak ada yang mengangkat, lantas saya kesini sudah kosong dan banyak yang senasib dengan saya,” ujar Purwanto,29, korban asal Tanah Abang, Jakpus, yang sudah membayar Rp 2 juta.

Masing-masing korban menyetor dengan jumlah bervariasi, antara Rp 1 sampai Rp 3 juta. “Kalau saya sudah bayar Rp 1,5 juta,” tutur Sri, 40, korban yang berasal dari Cilacap. Total kerugian diperkirakan sekitar Rp 60 juta.

Warga sekitar menyebutkan PT PHB baru tiga bulan mengontrak di tempat itu, namun kini tak ada aktifitas apa-apa di tempat tersebut.

Kapolsek Sukmajaya AKP Sukardi mengatakan pihaknya sedang memintai keterangan saksi korban. Pihaknya segera akan memanggil Des selaku direktur perusahaan itu.
(C8)