-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

23 June 2007

[Joko Prayitno] TKI Asal Bantul Meninggal di Malaysia

Kompas
23 Juni 2007

Yogyakarta, Kompas - Joko Prayitno (22)—tenaga kerja Indonesia asal Dusun Kedungpring, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Bantul—yang bekerja pada perusahaan kayu lapis di Malaysia meninggal akibat kecelakaan kerja, Minggu (17/6) lalu. Namun, jenazahnya baru dikebumikan kemarin sore di kampungnya karena baru diantar ke rumahnya pada Kamis malam.

Menurut penuturan pihak keluarga, Joko, anak tunggal pasangan Rejeb (42) dan Partono (45), mengalami kecelakaan Sabtu pekan lalu. Saat itu dia diminta pihak perusahaan membetulkan atap asrama di kompleks pabrik tersebut.

Entah mengapa, Joko terjatuh dari atap yang tingginya sekitar empat meter. Bagian belakang kepalanya membentur lantai beton. Ia segera dilarikan ke rumah sakit, namun Minggu malam Joko meninggal.

Keluarga menerima kabar duka setelah salah satu teman Joko, warga desa yang sama dan bekerja di perusahaan yang sama, menelepon Senin pagi.

Menurut Sukasno, Joko kerja kontrak di perusahaan itu sejak awal tahun 2006 (untuk dua tahun). Sebelumnya Joko bekerja sebagai tukang kayu. Ia berangkat ke Negeri Jiran lewat salah satu perusahaan penyalur jasa tenaga kerja di Pontianak.

Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bantul Joseph Domley mengatakan, pihaknya belum mengetahui kabar kematian Joko. "Kami sudah menghubungi paguyuban PJTKI (Perusahaan Jawatan Tenaga Kerja Indonesia) DIY dan memintanya untuk mengecek ke seluruh perusahaan penyalur tenaga kerja, namun belum diketahui kabarnya," ujar Joseph. (AB2/PRA)