-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

21 August 2007

Bongkar Di Kolong Layang KA!

Pos Kota
21 Agustus 2007

JAKARTA (Pos Kota)–Manajemen PT Kereta Api (KA) bersama Pemda DKI Jakarta berencana segera menggusur bangunan liar yang berada di bawah layang KA.

Kepala Daerah Operasi (Kadaops) I Judarso mengaku saat ini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan pihak Pemda DKI. Sebab jangan sampai kasus kebakaran di bawah jalan layang tol Jembatan Tiga terulang kembali.


“Kami khawatir, jika kita biarkan, nanti seperti musibah yang terjadi di bawah jalan layang tol Pluit Jembatan Tiga,” ujar Judarso. Dia belum bisa memastikan kapan pelaksanaan pembongkaran karena masih menunggu perintah dari dari Dirjen Perkeretaapian Soemino Eko Saputro.

Dia memperkirakan jumlah bangunan liar yang menempati di bawah layang kereta lebih dari seribu gubuk. Namun titik-titik mana Judarso masih melakukan iventarisasi. “Nanti kalau pembongkaran kita bertitahu,” ujarnya.

PERINTAH
Secara terpisah, Dirjen Soemino menyatakan sudah memerintahkan kepada PT KA untuk segera membongkarnya. “Perintahnya sudah jelas. Jadi musti tunggu apa lagi,” cetusnya melalui telepon.

Ia mengingatkan pembongkaran bangunan liar itu untuk menghindari kebakaran seperti di kolong jalan tol terjadi terhadap jalan laying KA.
(dwi/agus w)